Senin, Desember 30, 2013
36
MAKASSAR-(IDB) : Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membenahi alat utama sistem pertahanan negara (Alutsista) 

pada 2014 mendatang. Helikopter tempur Apache dan kapal selam Kiloklav adalah dua alat tempur yang akan menjadi pendatang baru penjaga NKRI, tahun depan.


Sedikitnya delapan unit helikopter tempur jenis Apache akan menambah kekuatan TNI tahun depan. Helikopter yang dilengkapi dengan radar ini diperkirakan akan tiba pada pertengahan 2014 mendatang.


Selain apache, alutsista canggih yang juga akan datang ke Indonesia adalah kapal selam kiloklav buatan Rusia. Kapal selam yang juga bernama Kilo Class ini memiliki kemampuan menembakkan rudal sejauh 300 meter.


Kedua alutsista ini dianggap sebagai senjata paling canggih di kawasan negara-negara ASEAN. Helikopter Apache hanya dimiliki oleh Singapura dan Amerika Serikat.


Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, kedatangan alutsista ini akan dilakukan secara bertahap ke Indonesia. Selain Apache dan Kiloklav, TNI juga akan mendapatkan sistem pertahanan udara yang baru. Rudal Mistral dari Prancis dan Starstreak buatan Inggris juga akan didatangkan.


"Kita siapkan alutsista dengan ukuran balance of power yang setara dengan negara-negara di asean," jelas Moeldoko di Markas Yonif 700/Raider, Minggu 29 Desember, kemarin.

Selain itu, untuk pertahanan darat TNI AD memastikan akan mendatangkan tank leopard ke Indonesia untuk membela pertahanan NKRI. Menurutnya, tank ini adalah tank yang memiliki kemampuan tempur terbaik di Indonesia. Kendaran-kendaraan tempur ini akan dipamerkan pada 5 Oktober 2014 mendatang.


"Pada 2013 ini memang belum kelihatan semuanya. Oktober nanti, sudah akan kelihatan. Meskipun belum datang semuanya," jelas dia.


Jenderal dengan empat bintang di pundak ini juga mengaku telah melakukan komunikasi dengan Menteri Pertahanan, Pramono Sugiantoro terkait rencana mendatangkan pertahanan udara yang terbaru. Rencananya, pesawat Sukhoi SU 35 akan memperkuat pertahanan udara di Indonesia.


"Saya sekarang sedang membayangkan pertahanan udara Sukhoi SU 30 yang selama ini kita miliki diperkuat dengan Sukhoi SU 35. Kita sudah diskusi dengan Menhan terkait rencana SU 35 ini," jelas dia.


Terkait dengan sistem keamanan cyber untuk mengantisipasi penyadapan dari negara tetangga, Moeldoko mengaku akan memperkuat sistem sumber daya manusia (SDM). Menurut dia, penyadapan sangat terkait dengan konteks teknologi. Pengembangan SDM lebih penting dari pada pembelian peralatan teknologi penyadapan.


"SDM yang memadai akan dapat menyetarakan perkembangan teknologi itu," jelas dia.


Terkait dengan remenurasi TNI, Moeldoko mengakui sudah melakukan pembicaraan dengan komisi I DPR RI. Menurutnya, renemurasi TNI juga akan dilakukan pada 2014 mendatang. Namun, jadwal penetapan remenurasi masih menunggu keputusan DPR RI.


"Kami sangat memahami kemampuan negara. Seperti apa, perekonomian menghadapi turbulensi jelang politik. Rencananya, remenurasi kita akan lakukan dengan kenaikan 20 persen secara bertahap," jelas dia.


Terkait dengan prajurit perbatasan, Moeldoko berjanji akan memperhatikan dukungan insentif mereka. Para prajurit perbatasan ini juga akan diberikan asuransi saat melakukan operasi militer di perbatasan.


Sementara itu, Panglima Kodam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Bachtiar mengatakan, kedatangan Moeldoko ke Makassar dalam rangka mengikuti reuni akbar batalion infanteri (Yonif) 700/Raider. Batalion ini adalah tempat pertama kali Moeldoko menjajaki kariernya di TNI.


"Ini hanya reuni saja. Dia (Moeldoko) juga berkesempatan meresmikan barak dan memberikan kuliah umum di beberapa universitas di Makassar," jelas dia.



Sumber : Fajar

36 komentar:

  1. Buat apa beli beli alutsista banyak selama freeprot .newmont masih menggarong.merampok emas emas kita.dan lebih parahnya lagi.ada antek antek mereka yg bertengger di kabinet yg selalu mengatakan setuju demi kepentingan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar gk di beliin maenan air nd udara..ngambek, sekarang di beli in masih ngambek...

      Kalau boleh saya tanya.. Bejaddd mana antara koruptor dan pencuri lahan emas kita gan

      Hapus
    2. Trus you punya solusi apa klo ndk boleh beli alutsista baru, you lihat gk meriam gunung ma Amx 13 dr jaman eang you masih di pake ma tni smpek skrng, trus gk kasian sm sodara2 you pake alat tua gitu, Yg bilang beli alut bnyak-banyak siapa? Apache cuma 8, kpl selam cuma 3, sigma 1, rudal aam aja cma 20an. Bandingin ma tetangga loe, mereka klo beli ambil brp unit? Klo nanti semisal bner2 pecah perang apa you mau gerilya pake ketapel. Jangankan untuk serang australi/malay/singapore, untuk lindungi negara aja alutsista kita masih kekurangan kok. paling gak setuju klo ada manusia indo yg ngait-gaitin modernisasi alutsista tni dgn friport dkk. Gak nyambung.

      Hapus
    3. Hey antek menhankam antek freeport.antek broker saya tahu kamu gak usah cincau disini .udah tahu harta yg terpendam kita dicuri kamu masih bela belain

      Hapus
    4. Busuk ente. Ane gk setuju gra2 ente bling gak usah beli alut ? freport dkk tanggung jawab siapa? Mau demo-demo usir freport gitu. Mereka gk bkalan keluar klo blum habis masa kontrakx, lagian asing sudah masuk berbagai sektor, kalau mau usir mreka y bukan dgn kekerasan, gak akan menang ente, tunggu kontrakx hbis,baru gak diperpanjang lagi. Ente pake gak setuju lagi beli alutsista,harusx ente tau diri klo negara ente luasx sgede apa, negara ente kekurangan pengawasan woy, byk yag curi ikan,kayu, bahkan patroli asing pun masuk, sda kita dikeruk asing salah satux krena kita kurang pengawasan. klo ente gk setuju beli alutsista, solusi ente apaan? Skali2 orang kyk ente ini dikirim ke pos Tni di garis depan sana, biar ente gk nyalah-nyalahin aja.

      Hapus
    5. uu minerba melarang bahan mentah diangkut dari indonesia. diharuskan mengolahnya terlebih dahulu. itu adalah cara paling cepat mencegah "perampokan" sda.

      Hapus
  2. Betul bro saya juga tidak sabar untuk mengusir freeport .newmont .exxon.chevron mereka hanya bikin miskin saja tak ada manfaat dan efeknya buat rakyat indonesia.kita tetap miskin.emas diganti uang kertas itulah kebodahan kita.Mereka hanya menyisakan lobang galian buat kita saja

    BalasHapus
  3. saya sepakat dgn coment di atas,bahwa yg membuat rakyat indonesia tetap miskin adalah bnyaknya kebijakan pemerintah yg pro kpda KAPITALIS USA,dgn bnyaknya investor asing yg msuk ke indonesia,justru akan membuat negara ini kehilangan SDA nya.kita hrus mencari pemimpin yg berani MENASIONALISASI PERUSAHAAN ASING...Seperti president Venezuela Hugo chavez.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Separuh aja rakyat RI punya pemikiran yg sama ama ano di atas.... Freeport, exxon, chevron, conoco philips, slumberger, dll pasti enyahhhh!

      Hapus
    2. Betull.. kita udh banyak insinyur... kita nggak butuh mereka buat ngolah SDA.. ini semua akibat si mbah "piye kabarmu le..?" si antek Barat pro Nekolim

      Hapus
  4. Emas diganti uang kertas itu bodoh dan dungu buta tuli

    BalasHapus
  5. Ano 15.09,,, kau benci freeport karena apa?? Karena mencuri emas?? Mencuri emas dari siapa?? DARI KAMU KAH?? Coba jawab yg jujur sejujurnya !! Mana lebih sakit hati dengan putera Papua asli ??? Kemana itu duit hasil dari freeport?? Ke jakarta atau ke Papua?? Jangan sok nasionalis diatas kuburan orang !! Ayolah diskusi tentang alutsista saja! Gak perlu sikut sana sikut sini ! Karena banyak orang yg lebih bermoral dari anda tapi diam saja gak mulut besar sok tahu seperti anda !!! HIDUP NKRI DARI SABANG SAMPAI MERAUKE !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. BETUL BETUL BETUL. ORANG PAPUA AJA DIAM JELAS2 EMASNYA DI RAMPOK. LHAT SULAWESI INCO NIKKEL DI AMBIL AMERIKA PUN DIAM2 AJA...LA KALAU ANDA ORG JAWA SUMATRA MAU MARAH ADA HAL APA., KT BUKANYA ANTI ASING TPI YG SY LHAT DI SOROAKO SULSEL TMPAT INCO NIKKEL PENDUDUKNYA SENANG.GAK ADA MASALAH. LBH BAIK KALAU PEMILU JGN SALAH PILIH,JGN DIKASI UANG.APA 1 SUKU MAU IKUT2TAN,JADILAH PEMILIH CERDAS..YG AKAN MEMPERJUANGKAN NEGARA DAN BNGSA.. WASSALAM

      Hapus
    2. Sebaliknya klo seperempat aja rakyat RI punya pemikiran yg sama ama 2 ano diatas.. maka tetap miskin dan tetep jd pecundang lah RI...

      Hapus
  6. kpd wakil menteri energimineral**meski stokBBM TNI hanya cukup3 hari..bukan berarti malon/ singapore yg punya stok bbm50 hari akan menang perang lawan RI-biarpun stok bbm TNI kurang dari 3 hari..di jamin RI mampu bertahan perang hingga 100 tahun...INGAT: vietnam dg alat sederhana mampu melumatt abis 60000 GI USA tewass- dan juga tentara SAS gurkha inggris yg dibekali stok bbm banyak itu" wktu di kalimantan 1962( dwikora) banyak yg diSATE MENTAH2 oleh TNI/rakyat RI..

    BalasHapus
  7. Beli alutsista sebanyak2nya.. setelah kita kuat baru kita usir mereka smua, kl sekarang bagaimana kita kuat hampir dismua forum2 di internet isinya koment2 dari orang2 sperti katak dalam tempurung, sok pintar smua padahal yg mrka tau hanya "kulit", lebih lebih orang2 bodoh yg tidak cinta bangsanya sendiri tp slalu koment kekurangan2 negaranya sndri, sy prihatin dengan koment2 di smua forum diskusi dr para pengkhianat bangsa berkedok nasionalis, jayalah TNI ku Jayalah bangsaku. Merdeka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan jamannya beli tapi buat sendiri.lihat gembel india sudah bisa buat pesawat tempur sendiri .rudal.kita ini hanya wacana truz.buat roket saja sekelas hamaz yg negaranya terhimpit dan terjajah .kita ini punya pejabat yg omdo yg mengurusi nafsu tahta harta wanita

      Hapus
    2. Emang dah bsa buat semua, la wong masih belajar bat kok, okelah kemandirian penting, tpi klo lihat potensi ancaman skrang, sebaiknya dikuatin dulu alat utama sistem senjatax, bru klo yg dalam negri dah ada diganti sma yg made in indonesia.

      Hapus
    3. broo 18.33 ,,jangan cuma mengandalkan rasa patriot doang,bisa hancur di terjang bom nuklir.kalau mau jujur kita ini emang lemah banget,,bisanya cuma berkoar-koar,di hina dikit sama negara lain udah emosi petantang-petenteng sanini.berteriak perang.emang sekuat apa militer indonesia hingga 2014 ini.coba buka matamu,lihat vietnam,apakah rakyatnya ribut kayak rakyat indonesia...?militer mereka saya fikir jauh lebih kuat.lihat kekuatan mereka ..apakah yg jadi modal indonesia untuk jadi macan asia...lihat iran,australia,india,korea selatan,japan,dan china.biasakah negara kita melawan kekuatan negara dia atas,tapi mereka gak pernah berkoar2 kayak lo brengsek.bukan orang lain yg sok pinter,tapi lo....;benar2 persis banget dengan katak dalam tempurung......walaupun ekonomi indonesia sangat baik,tapi untuk anggaran militer indonesia sangat rendah,masih jauh di bawah negara yg saya sebut tadi.coba buka mata anda,lihat tuh korea utara,yg ekonomi nya tidak baik.tapi mereka punya anggaran yg cukup besar 30 persen apbn..emang kita ini bangsa yg tidak punya perasaan malu....semua sok patriotic..tapi sayang buta ,dan budek gak mau mikir .......padahal kekuatan militer indonesia sangatlah lemah...apa berani perang dengan australia,iran,korut,korsel,dan japan......baru punya sukhoi su 27/30 16 ,udah lupa daratan..orang punya f 35,f 22, se-15.mereka diam-diam.kapal selamnya pun baru dua unit,dah tua lagi...brengsek....buka mata lu lebar2

      Hapus
  8. mending ga jadi beli kilo aja, itu diatas disebutin bisa menembakkan rudal sejauh 300m
    kayak kembang api aja =))
    :peace :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga.. admin salah ketik dicibir, biar lucu.. mau lu apa sih? By wowor sodara wowok gila!

      Hapus
  9. Biasakan budaya santun dlm berdiskusi teman2, kenapa kita saling mencaci dan memaki satu dgn yg lain, tolong hargai pendapat orang lain kalaupun berbeda pendapat sampaikan dgn cara2 yg sopan, dan blog ini dibuat supaya kita saling bs bertukar pikiran, pandangan dan pengalaman seputar mslh militer beserta peralatan dan perlengkapannya, mungkin jgn terlalu jauh membahasnya teman2, suka tidak suka, baik atau buruk semua kehidupan bernegara yg terjadi di indonesia, kita tinggal di negara indonesia yg bangga dgn negara indonesia, sekali lg ini blog militer kita sbg WNI hrs bangga dgn kekutan militer kita yg saat ini sedang dibangun dgn sekuat tenaga oleh pemerintah dan hrs didukung oleh seluruh rakyat indonesia. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum bro, ini blog terbuka, yg komentar juga majemuk, termasuk warga tetangga sebelah yg suka jd propikator....

      Hapus
  10. alutsista banyak ada peningkatan alutsista ketinggalan n usang salah..lo2 semua maunya apa sih bro...
    alutsista juga perlu kuat....semua nya ada porsi dan tanggung jawabnya masing-masing,

    BalasHapus
  11. Usul : lebih baik sekarang kita sebagai penerus bangsa ini, belajar semaksimal mungkin, biar kelak saat dewasa ini kita lebih cermat & membuat negeri ini mandiri (baik ekonomi, sosial, terlebih alutsista) mau sebagus apapun alutsista yg kita beli dari luar (rusia / amerika / dll) tp jauh lebih bangga bila kita bisa buat alutsista sendiri untuk negeri ini. So, keep spirit for Indonesia !

    BalasHapus
  12. Malingsia 100% masih jd hak milik kafir inggris, dari air tanah sampai udara malingsia itu masih milik hak milik kafir inggris. Tahu kenapa? kerena MALINGSIA BELUM MERDEKA dan Masih Bayar Upeti Kepada Kafir Inggris Tiap Tahun! Orang melayu malingsia masih numpang sewa pada kafir inggris.
    MELAYU MALINGSIA MEMALUKAN DAN MERENDAHKAN ORANG MUSLIM DUNIA!!!

    BalasHapus
  13. hehehe lucu jg campur aduk kan antara pengelolaan SDA dgn alutsista, forum beda.... ga bakal nyambung sampai ke ujung neraka :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada donk, keuntungan pengelolaan sda kan dipakai buat pengadaan alutsista.

      Hapus
    2. kalau pengin buat sendiri, bahan dasar pembuatan alutsista dari material alam bukan?

      Hapus
  14. ano 19.07 saya setuju bgt komentar anda,berbeda pandangan/pendapat adalah suatu hal yg lumrah dlm kehidupan berbangsa,dlm satu keluarga saja bs beda pendapat,tp tetap saja satu keluarga!
    Nagara2 seperti amerika,rusia,china,inggris,jerman dll,bs menjadi negara besar jg krn perbedaan..
    Mari menyatukan semua perbedaan menuju sebuah kata BESAR!

    BalasHapus
  15. kalau anda berpikir lebih cermat pasti nyambung kok bro.. Coba pikir ini : sda meningkat - pendapatan meningkat - kemampuan sdm meningkat - membuat alutsisita mandiri + bagus - ga bergantung sama asing, hayo gimana ??

    BalasHapus
  16. Percayalah kawan NKRI tak kan kalah bila diserang dengan senjata.Sudah terbukti sejak jaman dahulu kala.NKRI hanya akan kalah oleh bujuk rayu ,hibah,suap dan hadiah buat pejabat..Buktinya asing meraja lela sejak jaman Soeharto hingga kini.Kontrak kontrak yang di tanndatangani pejabat hampir seluruhnya merugikan bangsa.Yang untung cuma pejabat dapat dana untuk tujuh turunan.

    BalasHapus
  17. Indonesia sudah di kepung oleh five power defence agreement yg terdiri malaysia, australia, singapur, selandia baru dan inggris, klau kita perang sama australi atau malay, pasti yg tergabung dlm fpda akan membantu, jadi nkri sudah terkepung. Dengan kondisi alutsista tni saat ini apa mungkin kita bisa bertahan dr serangan berbagai penjuru? Belum lagi amerika pasti turut membela australia karena 60 persen militernya di pindahkan ke sana. Menurut sy secara logika tidak akan sanggup mempertahankan nkri. Jadi penambahan alutsista itu wajib hukumnya saat ini, untuk masalah prod dalam negeri itu bisa dilakukan kemudian. Klau masalah sda itu urusan anggota dewan untuk ambil kebijakan. Silahkan demo ke senayan, kalau ada teman2 yg berani mengusir freeport dll sebelum kontrak habis silahkan mencalonkan diri menjadi anggota dewan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misalkan nkri n malay terjadi perang terbuka, singapur, australi,inggris, dan selandia baru pasti ikut membantu, silahkan ukur kekuatan militer ke 5 negara terssebut, dengan alutsista tni yg dimiliki saat ini, sudah pasti ngos ngosan itu sukoi tni, beda halnya kalo 1 by 1 bukan keroyokan, malay, singapor n australi gak ada apa2nya walaupun dengan alutsista tni saat ini.

      Hapus
  18. Mas bro... Yang tidak setuju kl indonesia itu kuat... Kl saat perang terjadi siapa sih garda paling depan... Kl emang lo sanggup lu sendiri aja bapak lu yang ngelindungi sapa... Lu mau liat kel lu di siksa ... Buat masak aja ibu lho butuh peralatan dapur ... Otak lu tempurung nya aja gedek isinya kecil

    BalasHapus
  19. kok pd ribut sendiri2......kyk semua pintar pintar klau ingin maju giat kerja jgn pda mlas....

    BalasHapus