Jumat, Oktober 25, 2013
38
Tank Leopard 2A4 TNI AD
Tank Leopard 2A4 TNI AD

JKGR-(IDB) : Untuk  mendukung pertahanan Ibu Kota, TNI Angkatan Darat membangun garasi tank tempur utama (main battle tank/MBT) Leopard di bawah tanah dekat Monumen Nasional.  Garasi ini untuk mempermudah pergerakan pasukan dan mendukung pertahanan dalam perang kota.


Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman, mengatakan, garasi tank bawah tanah tersebut akan dibangun dekat kompleks rumah susun TNI AD yang sedang dibangun di Pejambon, Jakarta Pusat. “Batalyon MBT Leopard berpangkalan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk melindungi ibu kota Jakarta dibangun pangkalan berupa garasi bawah tanah dekat Istana Negara dan Monas,” kata Jenderal Budiman optimistis.


Garasi bawah tanah tersebut mempermudah pergerakan pasukan dan mendukung pertahanan dalam perang kota. TNI AD belajar dari situasi kekacauan yang pernah terjadi di Ibu Kota sehingga perlu antisipasi.


Operator MBT Leopard dan tank angkut personel (APC) Marder adalah Divisi I Kostrad di Cilodong, Jawa Barat, dan Divisi II Kostrad di Malang, Jawa Timur.


Proyek tersebut, menurut Budiman, akan bersinergi dengan pembangunan pertahanan ruang udara Jakarta.


TNI AD juga menunggu kedatangan sejumlah peluru kendali darat permukaan (surface to air missile/SAM) terbaru yang didatangkan dari Eropa. Sistem rudal itu adalah Mistral buatan Perancis dan Starstreak buatan Inggris.

Rudal Starstreak Monopod
Rudal Starstreak

Koordinasi Dengan Jokowi
 
KSAD mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk penempatan rudal tersebut di puncak-puncak gedung di kawasan bisnis penting Jakarta kalau suatu saat negara memerlukannya.


“Payung hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2006 tentang Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah yang mengatur tentang Tata Wilayah Pertahanan. Bahkan, disiapkan gorong-gorong (drainase) yang menjadi sarana pertahanan seperti di luar negeri,” kata Budiman.


Dia meyakini Gubernur Joko Widodo bisa berkordinasi dengan para pemilik gedung demi kepentingan pertahanan negara. Penempatan baterai rudal dan unit-unit helipad di atas gedung itu juga akan digunakan untuk pertahanan keadaan darurat.


Pertahanan gorong-gorong tersebut bukan hal baru. Pada abad ke-19 di Kota Batavia sudah dibangun garis Van den Bosch atau jalur pertahanan berupa gorong-gorong yang menghubungkan titik strategis di Kota Batavia.

Tugu Monas Stasiun Gambir - Google Maps
Tugu Monas Stasiun Gambir.

Rusun TNI AD
 
KSAD menambahkan, saat ini ada dua tower rumah susun TNI AD yang selesai dibangun di sebelah selatan Monas. Rumah susun tersebut menampung para perwira TNI AD agar tinggal tidak jauh dari Markas Besar TNI AD.


Setiap hunian yang dibangun itu mampu menampung perwira dengan istri dan dua anak. Satuan rumah susun yang sudah dibangun adalah tipe 70 sebanyak 59 unit dan tipe 47 sebanyak 162 unit. Pembangunan rumah susun empat lantai dengan empat menara tersebut menelan biaya Rp 85 miliar.


Rumah susun tersebut dilengkapi dengan helipad, mess, dan fasilitas seperti apartemen. Biaya pembangunan rumah susun TNI AD tersebut ditekan sedemikian rupa sehingga hanya Rp 2.3 juta per meter persegi.


Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanudin yang dihubungi terpisah berpendapat langkah itu sangat strategis.


“Namun, harus diingat, penempatan MBT Leopard di garasi bawah tanah tersebut berfungsi sebagai basis operasi dan bukan basecamp. Basis operasi itu dalam keadaan damai bisa digunakan untuk kepentingan sipil,” kata Tubagus Hasanudin.


Dia mencontohkan, di bawah Lapangan Merah (Krasnoyarsk Ploshchad) Moskwa pun terdapat ruangan bawah tanah untuk instalasi militer. Bahkan, ada sarang peluru kendali (silo) di lapangan sebelah Kremlin (secara harfiah berarti ‘benteng’) yang menjadi pusat pemerintahan Rusia.

Tubagus Hasanudin mengingatkan, selain menyimpan tank Leopard di bawah tanah, KSAD juga harus memperhitungkan dengan cermat pengaturan pergerakan tank tersebut di Ibu Kota dalam keadaan darurat. 




Sumber : JKGR

38 komentar:

  1. kenapa ide ini muncul dari sipil (jokowi) la tentarane ki ngopo, po meneh presidenne??????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong opo kowe...gak mutu blas....

      Hapus
    2. mungkin ano 14.59 yang kaga mutu sama sekali.

      Hapus
  2. Jokowi punya ide???? =)) Kalo ngejar2x topeng monyet itu baru IDE jokowi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ano 18.41 ini memang geger otak nih. gak bisa melihat masalah secara konvrehensif. Taunya sirik, iri, dengki aja. Ngotor2in dunia yang fana ini aja.

      Hapus
  3. 2014 jokowi harus jadi presiden...!!! Jika pak jokowi jd presiden indonesia maju, mandiri, dan militer indonesia akan menjadi macan asia..!! tidak seperti presiden yg sekarang yg seorang mantan jenderal yg selama 10 thn kepemimpinannya indonesia tidak maju2 dan militer indonesia masih jauh tertinggal dari tetangga sebelah, militer indonesia hanya bisa membeli barang bekas sampah...!! hanya pak jokowi yg bisa membuat indonesia kembali menjadi macan asia...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum jd memang banyak yg mengelu elukan sprti loe tp ntar kalau uda belum tentu lo koar2 kya skrg..buktinya dlu wktu msh jd bupati solo mendukung esemka mobil murah..tp skrg uda jd gubernur melarang mobil murah beredar..artinya dia juga plinplan..

      Hapus
    2. Mobil esemka adlh mobil nasional yg murah dikarenakn kualitasnya, sedgkn mobil murah yg sekrg adlh mobil dr jepang yg dibuat di indo yg memiliki kualitas bagus yg sengaja dimurahkn oleh pemerintahn sby dgn cara tidak mengambil pajaknya yg tentunya dampaknya adlh mobil kualitas bagus yg sengaja dimurahkn akan mengakibatkn banyak yg membeli sehingga tentunya kemacetan makin tambah parah di kota besar seperti jakarta, bandung dll. Seharusnya pemerintah pusat hanya memperbolehkn penjualan mobil murah dikota2 kecil yg belum macet.. Mobil esemka adlh mobil nasional yg seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat utk mengembangkan dan memperoduksinya dgn cara BUMN yg mengambil alihnya. Pemerintah pusat bukannya memajukn mobil esemka malah sebaliknya memanjakan mobil asing yg memiliki kualitas bagus dibuat murah dgn cara tidak mengambil pajak sehingga negara rugi, macet makin tambah parah, dan mobil esemka makin tertinggal...

      Hapus
    3. Bukan jawaban yg tepat...intinya jokowi sudah g berpihak pada rakyat kecial..kalau dia ikut2an melarang mobil murah g boleh keluar berarti dia sadar g sadar telah berbuat tdak adil cos rakyat yg ekonominya kelas menengah g bisa ngerasain naik mobil...jgn jdikan mobil murah jdi alasan untuk macet..tp berfikirlah bagai mana membangun jakarta yg tdk macet...jokowi hanya sprti pemimpin2 lainya kalau uda jd g lagi pro sma rakyat kecil..

      Hapus
    4. Yuik ente nyadar ga sih .. Jumlah kendaraan pribadi di jakarta sudah menggila sudah berjuta juta belum lg kendaraan yg dari luar jakarta masuk hingga bikin tambah macet dan sekarang ditambah lg dgn mobil murah yg sebenarnya adlh pura pura murah krn harganya 100 jt an yg hanya bisa dibeli kelas menengah bukan utk rakyat kecil, ini semua tentunya akan menyebabkn kemacetan semakin menggila. Pak jokowi sudah berusaha mengatasi kemacetan di jakarta dgn cara : 1. Untuk jangka panjang pak jokowi sudah meresmikan pembangunan mrt yg sdh 24 thn tidak prnh dimulai mulai oleh pemerintahn yg dulu. Kemudian jg pak jokowi jg melanjutkn kembali pembangunan monerel yg sempat 5 thn dihentikan dizaman foke.. 2. Untuk jangka pendeknya pak jokowi utk tahun ini mendatangkn 700 an bus transjakarta, kemudian pd thn 2014 akan mendatangkn 1000 bus transjakarta dan 3000 bus sedang..

      Hapus
    5. klo 2014 jokowi kaga mau jadi presiden kenapa......?

      Hapus
    6. Yuik kaga tahu permasalahan yg mendasar aja pake komentar. Malu2in. Jokowi menginginkan transportasi masal dulu yang di dahulukan, sedangkan mobil murah harus merk dan buatan dalam negeri bukannya bukannya merk asing. Jakarta jadi tambah macet sama jepang. Kalo mobil murah yang laku merk dan buatan dalam negeri, maka akan menimbulkan potensi efek ekonomi yang riil untuk Indonesia. Karena keuntungannya kaga dilarikan ke luar negeri, dan dananya bisa diputar lagi untuk membangun infrastruktur transportasi masal.
      Ini gak jauh beda antara cukai rokok dengan dunia kesehatan. Ketika cukai rokok dinaikan maka uangnya dilarikan untuk bidang kesehatan.
      Kalo yang mobil murah dengan merk luar negeri. Sudah Jakarta tambah macet, duitnya dikeruk pula ke luar negeri. Ngomong syaratnya onderdilnya harus minimal 80% buatan lokal. Tapi hal ini gak akan menjamin 100%. Orang2 ATPM itu agak licik2. Gw 5 tahun lebih kerja di dunia otomotif. Memang rada sewot membaca pola pikirnya otak2 jepang yang kaga mau rugi sedikit pun. Kalo perlu liburan lebaran, natal dan tahun baru mereka maunya semua karyawan tetep kerja.
      Jadi kalo ente kudu belajar lagi ekonomi makro dan kebijakan fiskal secara menyeluruh. baru ente bisa komen

      Hapus
    7. Pinter...! Asal g minterin...

      Hapus
  4. Jokowi belum bisa jadi Presiden ,,, jadi Menteri Pertahanan aja duluu ,,, setelah membangun TNI ,, baru jadi Presiden ,,, supaya waktu jadi Presiden TNI akan berdiri dibelakangnya ,,, kalau 2014 jadi Presiden pasti digoyang abis oleh para KORUPTOR yang kebakaran jenggot ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi menhan ga bisa membuat kebijakan. Yg membuat kebijakan adlh presiden dan kemudian dilaksanakan oleh menhan...!! 2014 jokowi presidennn.....!!!

      Hapus
  5. Sarat jadi presiden kalau pingin maju indonesia , minim harus pernah memipin jutaaan warga , di situlah kualitas seorang peminpin keliatan tidak seperti sby bisanya dandan badan sebesar gajah tapi indonesia yaris guling tikar sekarang , hutang nkri gak mungkin kebayar kalau cebolan orde baru masih mencengkaram nkri . Meliter meliter tegas setelah jadi presiden ,kok, malah jadi budak asing , goblok gak mau kerja kerras kekayaan alam di obral terima komisi . Itu fakta iyaaa...tohh . ! Hanya saran buat kalian sebelum nkri bubar stop dukung babu barat aliran orde baru , supaya indonesia selamat liat trek recond sang... calon peminpin supaya maling tidak terpilih jadi presiden lagi .pilih orang nya bukan partai .!!!

    BalasHapus
  6. Ada yg pantes selain Prabowo untuk 2014...?
    Kaga ada kan....?!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya apa buktinya prabowo dlm memajukan negara ini...?! Anehh belum ngebuktiin udh dibanggain...

      Hapus
    2. Pasti anda Fans boy ki jokowew ya

      Hapus
  7. untuk jumlah Leopard seharusnya ditambah, idealnya paling tidak kita punya 350 biji leopard, singapura yang luasnya hanya sepulau batam aja punya 97 leo, artinya tiap 300 meter persegi jengkal tanahnya dijaga 1 leo, kalo TNI punya 350 leo itu rata2 baru 1 kabupaten dijaga 1 leo, tapi udah lumayanlah, kalau mau ideal ya 600 biji leo untuk seluruh wilayah daratan

    BalasHapus
  8. Saya tau sekarang kenapa NKRI membeli banyak alutsista baru 8-) Indonesia masuk daftar merah U.S marine sebagai negara yg dapat mengancam dunia, namun mereka tidak merencanakan invasi karena negara ini terlalu banyak pulau dan hutannya bikin USMC merinding seperti yg terjadi di Situbondo. Sayangnya tetangga bule sebelah mungkin bisa saja mengobok-obok kedaulatan dengan memfokuskan kekuatan di 1 tempat strategis di NKRI. Saya kira menhan sudah sangat tepat memilih senjatanya, tinggal si Kilo saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dpt inpo dr mana bang ??
      Mau dong inpo nya ..
      Biar pinter jga ..hehehe

      Hapus
  9. Jangan terlena memperkuat AD. Ingat kekuatan tempur utama negara pada AU. AU tidak maju lumpuh negara. Kita punya kekuatan apa di pesawat tempur.? Pswat bekas F16, tidak punya efek getar . Sukhoi cuma pnya 16. aneh, negara besar kok AU lemah. aneh. suatu negara punya efek getar kuat jika AU KUAT, maka negara lain akan mikir untuk mengusiknya. Apa berani AS ngusik China? hehe itulah. mikir dong. hayo perkuat AU. tnggung jawab jaga negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak ngerti militer jangan ngomong aah,,, ntar diketawain orang !!!
      AS dengan angkatan udara tercanggih kalah di Vietnam oleh apa? oleh ANGKATAN DARAT Vietnam !!! Sekutu perang dunia ke dua walaupun angkatan udara Jerman hancur, tapi baru dua tahun kemudian Angkatan Darat sekutu bisa menaklukkan Jerman sampai Ke Berlin,,, Perang Korea,,, walaupun angkatan udara AS menang pertempuran tapi yang memenangkan perang adalah angkatan darat,,, Irak kalah total bukan karena angkatan udara tapi karena pasukan darat sekutu ,,, Indonesia walaupun gak punya pesawat bisa memaksa Belanda kemeja perundingan karena apa? karena pasukan daratnya susah dikalahkan !!! JANGAN MENGECILKAN ARTI STRATEGIS PASUKAN DARAT KARENA SEMATA-MATA ANDA TIDAK SUKA PADA TNI AD !!!!!!!
      Mana ada Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang memenangkan perang total? mereka hanya bisa memenangkan pertempuran, mengurangi kekuatan musuh agar pasukan darat bisa memenangkan perang.

      Hapus
    2. Angkatan darat memang penting tapi angkatan udara juga penting..kalau angkatn udara suatu negara kuat g akan mungkin musuh bisa masuk ke dalam suatu negara..krna angkatan udara sbagai penghalau pertama saat kita di serang jd intinya bisa mengurangi korban dari pihak kita...contoh meskipun palestina di perang terakir menang melawan israel tp korban dari pihak palestina sangat bnyak krn g bs menahan laju pesawat israel...mknya di peperangan jaman skrg AU sangat berpengaruh..

      Hapus
    3. yg ga penting itu memperdebatkan pepesan kosong..
      ada yg tau ga rencana MEF ke 2.???
      ada yg tau rencana alutsista yg akan di beli atau di buat selanjutnya???
      kemenhan bukan anak2 sd,, mereka tau kebutuhan utk TNI dan alutsista pertahanannya, tp semua itu sesuaikan kemampuan keuangan negara,, dan efektifitas serta esfisiensi nya.. jgn sasmpai menghambur2kan uang, utk jenis alutsista yg belum dibutuhkan sekali.. ingat selama 15thn blm pernah belanja alutsista,, makanya utk mengisi kekosongan dlu.. baru beli yg memiliki efek getar yg hebat klo duit, SDM,dan prasarana sdh siap,,

      Hapus
  10. Iya setuju tank Leopard taruh di Jakarta,,, untuk memadamkan DEMO ANARKIS ,,, akakakakakk
    denger suaranya aja apa nggak kencing dicelana tuh jagoan-jagoan jalanan ?? akakakakakak

    BalasHapus
  11. ahahah ,,, kira-kira kalau leopard jalan ngebut di jalur busway ...polisi berani priiiiiiiiiiit ... nggak ya? akakakakakakakakak

    BalasHapus
  12. Pada intinya semua permasalahan ada pro dan kontra
    Kalau anda ada di pihak yang tak setuju silahkan tp jgn menghujat
    Sampaikanlah dgn cara yang benar
    Kita semua lahir dinegeri yang sama
    Di indonesia tercinta
    Tp sama" indonesianya saja kita malah gak akur
    Itu malah membuat pihak luar semakin senang

    BalasHapus
  13. sejarah pada zaman president sukarno saat darurat ibukota negara yang dipindah.

    kalo saya jakarta diperkuat ok, nggak juga gak papa.... banyak strategi

    BalasHapus
  14. bukannya pengadaan leopard dan marder utk ditmpatkan di kalimantan..mengapa jadi berubah utk ibukota,utk apa?
    Jikapun jakarta/jawa diserang kecil kemungkinan ada serangan darat,logikanya pasti serangan udara..pertanyaannya,jk terjadi serangan udara fungsi leopard sbg apa,jd penonton sekalian jd sasaran tembak musuh?
    bknkah lbh baik dgn pertahanan rudal selain pasawat tempur utk mempertahankan ibukota dr gempuran udara,lantas mengapa ada wacana leopard ditempatkan di jakarta/jawa,apakah utk menghadapi musuh dlm negri sendiri?
    Sangat kecil kemungkinan jawa diserang sebelum melumpuhkan pulau pulau penyangganya...
    Bicara kalimantan yg memiliki batas daratan spanjang 2rb km lbh,apakah tdk terlalu penting utk dipertahankan..atau dirasa blm terlalu perlu utk diperkuat,bs jd apache nanti pangkalannya dipindah di halim,agar disetujui pembelian alutsista dibuat dl ilustrasi pertahanan di kalimantan,stlh disetujui br di ubah strateginya utk lbh baik pertahankan pulau jawa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. punteun rek mere nyaho sa,eutik
      leopard yg akan ditempatkan di jawa itu nantinya bukan leopad 2a4 yg skrg dtg mas bro, tp leovard RI. 2A6.
      sedangkan utk di kalimantan type leopard 2A4.. dan type itu specialis tank hutan,, klo leopard RI, specialis perang kota,
      utk pertahanan rudal kan dibahas di wacana atas.. akan di tempatkan rudal starstreak di atas2 gedung,,rudal ini punya jarak tembak 7km , kecepatan 1km/det jadi dlm 7 km cuma 7 detik waktu yg dicapainya,
      sedangkan SAM utk jarak menengah klo ga salah sdh ada pembahasan nya jg,,rudal HQ 9 milik china.. tp mudah2an bisa beli S350 russia.
      semua sudah dipikirkan matang2 oleh pihak TNI dan menhan.
      mereka bukan anak2 kecil kemaren sore yg baru tau strategi dan pertahanan militer meski keterbatasan dana,,
      percuma pangkat mereka jendral2 .. klo msh kalah strategi militernya ma anak2 SMU atau kuliahan .
      mereka tau kekuatan prajuritnya dan kebutuhan alutsista pendukung nya, dan mereka juga tau keterbatasan dana yg digunakan nya,,

      Hapus
  15. tentera indon tak de hal yang nak dicemaskan,pasal kehebatan tentera malaysia jaoh diatas tni,semue line malaysia boleh tepok dada,mulai dari radar,pesawat tempur,tank sampai kapal perang pun hebat semue,tni baru beli sikit dah gadoh,belipun barang tak de kwaliti nye as barang bekas,cam mane nak lawan malaysie..senjate baru meletop tni dah berhambos semue pergi balek telanjang lanjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju lon kalau punya malon senjatanya lebih hebat..tpi sayang tentaranya macam banci,waria,mince, pantesnya jadi tukang jualan jamu gendong..ha100x

      Hapus
    2. Malon malon ..
      Boleh lah kau tepok dada punya senjata hebat, tapi jangan punya lupa kau lon..
      Jangan jangan senjata hebat kau tak jauh dari kapal selam milik TLDM yang tak boleh menyelam . Senjata hebat d tangan malon = FAIL !!!

      Hapus
  16. malaysia nak beli peralatan perang tak gadoh macam indon,indon cuma mampu beli barang bekas dari dulu,negrinye pun banyak orang tak makan,macam mane nak perang perut lapar hahaha kesian yeh nasib indon,nak bukti tak susah..timor leste boleh merdeka kerana apa? Kerana tentera indon tak kuasa lawan gerilia mereka,aceh pun tni kalah dengan GAM.nak bukti.. bahwa sekarang aceh dalam kuasa gam,mulai dari gabenor sampai wakil nye,polis pun mereka punya sendiri tak guna polis indon..papua pun tni dan polis indon tak kuasa menghadapnya,banyak tni dan polis mati dibunoh opm..mane hebatnye

    BalasHapus
  17. Iya memang betul malon tak gaduh kalau nak beli alutsista..karena mau gaduh uda malu sendiri karena alutsistanya tidak layak pake..contohnya kapal selamnya yang gak mutu itu...dengar juga gak layak pake..malu2 in

    BalasHapus
  18. Iya memang betul malon tak gaduh kalau nak beli alutsista..karena mau gaduh uda malu sendiri karena alutsistanya tidak layak pake..contohnya kapal selamnya yang gak mutu itu...dengar juga gak layak pake..malu2 in

    BalasHapus