Kamis, Januari 10, 2013
29
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan akan tetap membeli helikopter Apache dari Amerika Serikat. Harga yang mahal tidak menyurutkan niat pemerintah. 

"Harganya memang sangat mahal, kami harus mempertimbangkan kekuatan anggaran," ujar Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Mayor Jenderal Ediwan Prabowo kepada Tempo, Rabu, 9 Januari 2013.

Harga mahal itu, kata Ediwan, adalah konsekuensi dari pemerintah Amerika Serikat. "Mereka ingin standar keselamatan yang tinggi. Tidak mau kalau helikopter itu jatuh di sini (Indonesia) dan merugikan citra mereka," kata dia.

Rencana pembelian delapan helikopter Apache Longbow AH 64 D itu sudah dikabulkan oleh kongres negeri Abang Sam. "Congress notification sudah kami terima, kini tinggal tunggu persetujuan DPR kita," kata Ediwan.

Untuk menyiasati mahalnya harga heli Apache, Kementerian akan menyesuaikan perencanaan anggarannya. "Kami akan sesuaikan pos anggaran yang lain agar bisa mencukupi."

Harga per unit heli Apache sendiri diperkirakan mencapai US$ 40 juta. Kementerian Pertahanan dan TNI AD sebelumnya sudah menandatangani kontrak pengadaan heli serbu dan heli serang dengan PT Dirgantara Indonesia. Kontrak tersebut masing-masing bernilai US$ 90 juta dan US$ 170 juta.




Sumber : Tempo

29 komentar:

  1. dulu sempet nyeplos si cobraaa
    lagian in sam apa mau morotin kita ya

    MI-28 aja
    :-D

    BalasHapus
  2. dulu sempet nyeplos si cobraaa
    lagian in sam apa mau morotin kita ya

    MI-28 aja
    :-D

    BalasHapus
  3. Sok dah.. Beli ayuh... Monggo

    BalasHapus
  4. Gak kapok2 jg dibegoin sama USA brengsek!!

    BalasHapus
  5. Iya...coba mantain.. Perangkat persenjataannya ya dari amerika semua
    Boro2 mau TOT G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ mungkin..

    Peluru anti tanknya di ganti mercon ya kita mesti nurut..kalo G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ya di embargo..

    Sebaiknya cari negara lain pak.. Biarpun sederhana selama ada TOT buat DI/Pindad..
    Kami dukung karena itu sifat dasar Nasionalis

    BalasHapus
  6. Klo embargo lg nanti gmana ???...ingett sejarahhh !!!,,,,jgn sampe jatuh kelobang yg sama...palagi mahal bgt...perbandingin sama tiger dulu coba atau yg lain...atau gara2 dikasih hibah f 16 ???....cape deeeeehhh...

    BalasHapus
  7. cuma pengen nanya, mang ngak ada lagi y helicopter srang yg lain ,yg kualitasny yg hampir sama ama apche. kayak heli rusia tau yg lain.
    saya liat kayak ngak ada yg lain, pilihan pemerinth.
    apache mang bagus, tpi takutny kita d kadalin......,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he... bukan kadallah tapi bajul alias buaya

      Hapus
    2. he..he... bukan kadallah tapi bajul alias buaya

      Hapus
  8. Maklum saja satu partai dgn obama (demokrat) jd belanja dong ama tuan nya

    BalasHapus
  9. Saya senang kalo tu apache jd gabung di tni ad,nambah seru heli tempurnya. Apache plus mil 35 hind. Cma kalo blh saya usul ke menhan atau pemerintah,kalo bisa marinir jg dibuatkan satuan penerbang marinir "PENERMAR", dgn alutsista sama spt penerbad,brpun kalah jumlah ga masalah. Biar mantap tni ku...

    BalasHapus
  10. Sebenarnya banyak alternatif lain selain Apache, coba yang ini:
    1. Heli serang Afrika Selatan, Minta TOT pasti dikasih (Lumayannnn heli serangnya)
    http://www.military-today.com/helicopters/denel_ah2_rooivalk.htm

    2. Heli Serang punya Russia
    http://www.military-today.com/helicopters/mil_mi28_havoc.html

    Tapi gwa lebih memilih alternatif 1, kalo nggak bisa baru yang No.2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lebih suka alternatif ke 2 drpd ke 1....Rooivalk sampe sekarang jg kurang laku, dan performanya sepertinya masih kalah sama apache...mesinnya kan pake mesin yang sama dengan super puma...kalo yang ke dua MI 28 mungkin selapis tipis kalah dengan apache tapi...harga mungkin lebih miring sehingga bisa beli banyak....atau kalo masih demen punya paman sam beli saja AH 1 Z viper, versi paling baru....

      Hapus
  11. Biar adil...., sekarang beli apache....., tapi nanti setelah prabowo naik jadi RI 1 baru gantian ke om putin...... Jadi kalo nanti om sam cemburu,ya biar om putin yang jawab. Aman deh....posisi kita jadi ga kelihatan kalo mau condong ke timur juga...

    BalasHapus
  12. Beli mah gampang, yang susah pemeliharaan dan perawatannya. Apalagi kalau yg dibeli material pesawat, biyuh...biyuh.... nggak terbang saja tetap ada biaya perawatan / pemeliharaan apalagi kalau terbang, Sudah banyak pengalaman kalau s/d 3-4 tahun setelah umur pemilikan material baru tersebut masih gahar, namun menginjak tahun berikutnya dan tahun berikutnya lagi, mulai turun kesiapan operasinya dan akhirnya maaaaangggggkraaakkkkk.
    Kemudian muncul wacana baru ; yakni program pengadaan material baru lagi.
    Biyuuuhhhh hwadeh biyung kok ra bosen-bosen.

    BalasHapus
  13. Apache mau bikin apa,buat pameran aja,biasa nya gejolak perang datang dari tetangga....jika perang dgn malay yg notabe nya negara persemakmuran inggris.....amrik mau bela mana....?kalo inggris pasti bela malay,and singapore dan australia juga negara anggota persemakmuran inggris,jika kita ada gejolak dgn mrk kira kira amrik bela yg mana indonesia atau negara persemakmuran inggris....ato lbh baik kita masuk jd anggota persemakmuran,lagian pemimpin kita dpt gelar sastria dr inggris yg di pimpin oleh ratu...wkwkwk....

    BalasHapus
  14. Resiko memamng sangat besar pada Apache...
    Pilihan yang Tepat punya Russia alternatif 2, masalahnya jumlah yang ingin dibeli cuma dapat 8 unit, jumlahnya terlalu sedikittt

    Kalo MI28 or Agusta kita mungkin bisa dapat 30 unit

    BalasHapus
  15. wow US$ 40 juta per unit..
    Ane ikutin kemenhan aja deh karena dia lebih tau tentang strategi. dari pada di korupsi nggak jelas duitnya hilang tanpa jejak. Udah mending di beliin Apache Longbow AH
    64 D kan biar keliatan duitnya buat beli helikopter kelas wahid..
    Biar lebih semriwing langit RI
    pesawat apache mudah-mudahan nggak apes ya pak..ckckck :p

    BalasHapus
  16. Opo jare seng duwe duwet...mumet mkire.....

    BalasHapus
  17. apache emang bagus, tapi harganya mahal bangett, ya seneng tuh amrik dapat uang segitu, udah mengeruk tambang emas terbesar di indonesia (FREEPORT) dan sekarang dapat durian runtuh karena indonesia membeli heli nya, amrik menyuruh buat jangan ada perlombaan senjata di ASEAN tapi kalo beli dari dia, ya silahkan,, hehehe kalaupun mau beli apache, ya kudu hati2, jangan sampai kita kena tipu dengan harga yg wow itu,, tapi dengan bertambahnya helikopter indonesia ya baguslah, yg penting kudu hati2.

    BalasHapus
  18. Sebenernya yg kyk gini nih yg buat bawaannya jd ngantukk..mo dibilang heli jelek yo wiss battle proven,penerbad dah pd mupeng,tapi hargae ikulohh tambah dikit dapet heavy fighter,yoo wiss tukue ora akeh ikilah,biar penerbad kenalan & belajar ama alutsista canggih dololah,tapi inget duit rakyat itu, dayagunakan semaksimal mungkin..yg nggak battle proven itukan policy abang sam ini sama kita,kemaren uncle sam,hari ini abang sam,besok2 jadi samsengg,ini yg harus diwaspadai..(yg kyk gini mo dijadiin tuan??emangnya gratisan tuh heli?masbro)..mo ngapain ikut persemakmuran masbro mo jadi hamba sahayanya mama eli juga,yg mentalnya kyk telor,maunya maen keroyokan?klo 1 vs 1? cioous..mioopoo..akwkwkwk..klo mau cukup buat PDA ama rusia & china aja ud keder nih kawasan,makanya uncle jd abang,pdhal ud jelas kitakan bebas aktif..lagian tuh sby diundang,dijamu,di puji-puji dikasih gelar sir knight,apa nggak ada udang di balik bakwan?,indikasi awal,leopred nongkrong di jawa, ntar2 senjata2 berat yg dibeli ngak di taro di border,ujung2nya di border cuma dibuat imbang kekuatan aja(cerita lama),nih heli wa nggak yakin ditaro di border juga..maklum ada yg keberatan mental telor ngadu ama mama eli..coba kondisi RI masih kayak setaon ato dua taon sehabis'98, yg ada peringatan keras dan nota protes arogan dari mama eli dan abang sam pura2 tidur..untungnya roda itu berputar..ah cape dehh..><

    BalasHapus
  19. gandiwa aja di dilanjur biar kita bisa mandiri gitu looooh

    BalasHapus
  20. Ehh kalo G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ salah apache itu bukan baru lo.... Bekas
    Coba mas bro browsing aja sendiri aku dewe lupa bacanya di Blog militer mana yaa..

    BalasHapus
  21. Ah masjon pura2 nggak tau aja..alutsista yg kita belikan gado2, baru & bekas..apalagi yg dibeli dr abang sam kira2 aja,ada yg gress dari pabrik?..bahkan klo tni al mo tuh katanya ditawarin OHP juga..wa nggak ngerti pola pikir penggede2 kita, inikan rawan embargo..yg musti dicurigai skrg,kok mayoritas alutsista yg dibeli bau western yaa..klo wa jujur lebih condong ama MI-28N,biar kata kalah tipis, tapi kuantitasnya mayan dan aman embargo..bener kata @Lukman arifin tuh..opo jare seng duwe duwetlah..mumet mkire masjon..

    BalasHapus
  22. Dalam pembelian ini, hrs diaudit, dicek harga pasarannya itu berapa. Memang indonesia harus mempunyai teknologi baik itu dari rusia maupun amerika supaya bisa mengetahui kelemahan dan keunggulan teknologi tsb. Apalgi pemerintah sdh memutuskan bahwa setiap transaksi pembelian harus ada ToT sbg harga mati.

    BalasHapus
  23. amrik bakal terus patok harga tinggi krn mereka tau indo mampu beli, mrka juga tau indo agak gak pede buat nyiapin dana, disitulah amrik terus meyakinkan pemerintah indo kalo dana itu pasti ada. Amrik tak hanya bergerak lewat bisnis, mrk juga mampu lewat politik, dan lewat politik juga mrk terus meyakinkan RI. Dgn harga setinggi ini sedikit sekali wakil rakyat bersuara, berbeda waktu peristiwa leopard.

    BalasHapus
  24. Kalo saya sih kualitasnya 11-12 gitu mending beli punya oom putin bisa tot kan lagian ngga perlu takut diembargo yang alasan hamlah atau alasan yang lain tapi kita ngomong kayak gini emang didengerin ya kalo dari oom sam mau beli ya chinook aja buat keperluan bencana alam sangat penting karena Indonesia rawan bencana helikoter yang kita punya paling gede cuma super puma kan kalo chinook kan bisa bawa macem2 dari prajurit sampe obat2an atau makanan.

    BalasHapus
  25. Hmmm.....ternyata Italy sdh pegang lisensi jg......

    http://www.agustawestland.com/product/apache-ah-mk1-0

    BalasHapus