Selasa, Januari 08, 2013
27
UMS Kyansittha, Frigate Stealth Myanmar
UMS Kyansittha, Frigate Stealth Myanmar
JKGR-(IDB) : Jika mendengar kata: Myanmar atau Burma, apa yang ada di benak anda ?. Mungkin yang terpikir adalah: Negara miskin, tertutup, Junta militer, pembantaian etnis di Rohingya dan tentunya tokoh reformasi Aung San Suu Kyi.
Selain Junta militer, kondisi perekonomian penduduk Burma juga kurang baik, tidak seberuntung Indonesia. Pendapatan per kapita negeri yang berpenduduk 50 juta jiwa ini cukup kecil, yakni sekitar 1/4 pendapatan per kapita Indonesia. Sementara pendapatan negaranya lebih parah lagi, jauh dibandingkan Indonesia:
GDP (nominal) Myanmar 2011 (est)
 - Total $ 51.925 billion[2]
 - Per capita $ 832[2]
GDP (nominal) Indonesia 2011 (est)
 - Total $ 845.680 billion[3]
 - Per capita $ 3,508[3] (107th)

Namun kondisi perekonomian ternyata tidak terkait dengan kemajuan teknologi militer. Angkatan Laut Myanmar baru saja memproduksi frigate berteknologi stealth yang dibuat oleh Myanmar Naval Dockyard. UMS Kyansittha, Kapal bernomor lambung F12 merupakan pengembangan dari  F11 UMS Aung Zeya yang dibuat pada tahun 2008.
Para engineer Myanmar berhasil mengadopsi desain kapal berteknologi stealth untuk mengurangi tampilan radar cross section pada fregat kedua mereka.
Adapun persenjataan dari F12 UMS Kyansittha:

Armament:
2 x 2-canister C-602 Anti-Ship missiles
1× Oto Melara 76 mm Super Rapid Canons
4 x AK-630 6-barrel 30 mm CIWS guns
Triple 324 mm YU-7 ASW torpedoes
Rocket Launchers, possibly ASWrockets or decoy rockets
 Aircraft carried: 1

Rudal C-602 atau disebut YJ-62, memiliki hulu ledak 300 kg (sama dengan BrahMos) dan berdaya jangkau  400+ km / 280+ km untuk export.

Dengan demikian kini Myanmar telah memiliki dua frigate modern produksi dalam negeri, ditambah 2 frigate buatan China Jianghu-II Class yang juga masih gres, buatan tahun 2012.

Myanmar juga memiliki 2 korvet Anawratha Class yang juga produksi dalam negeri. 

Persenjataannya:
1 × Oto Melara 76 mm Super Rapid Canons
2 × Type 58/ZPU 2 Anti-aircraft Gun
1 × Type 69/AK-230 twin-barrel 30 mmCIWS gun
4 × C-802 Surface-to-Surface Missile
2 × RBU-1200 or Type 81 ASW rocket launchers

Myanmar juga terus memodernisasi Fast Attack Missile Craft mereka dengan meluncurkan kapal bernomor lambung 491.
Fast Attack Missile Craft Myamnar
Fast Attack Missile Craft Myamnar


Kapal FAC-M  terbaru ini akan dilengkapi kanon 2x30mm AK 230, kanon anti serangan udara 2×14.5mm Type 69, serta 4 peluncur rudal anti kapal C-802 berdaya jangkau 120km.
Kini Burma memiliki 6 Fast Attack Missile Craft mmodern, buatan dalam negeri serta 6 FAC-M buatan China (1995-1997). Angkatan Laut Myanmar diperkuat sekitar 130 kapal dengan ambisi menjadi Blue Water Navy.
Bagaimana dengan proyek frigate Nasional Indonesia ? Akankah kerjasama dengan DSNS Belanda akan mewujudkan frigate Nasional, atau sebaiknya Indonesia beralih saja, berguru ke Myanmar untuk belajar membuat frigate siluman.
Platform dan Combat Management System  frigate UMS Kyansittha F-12 Myanmar, tentunya lebih cocok dengan rudal C-705 yang akan diadopsi Indonesia dari China. Si vis pacem para bellum: Jika kamu menginginkan perdamaian, bersiaplah untuk perang.




Sumber : JKGR

27 komentar:

  1. Semua tergantung pada keputusan pembuat kebijakan, ketegasan dan kemauan politik pemerintah.
    Yang tidak mungkin terjadi, ada kemungkinan terjadi.



    BalasHapus
  2. alaaahhh..fregat nasional apaan???lihat ajalah akhirnya..kita kebanyakan hoax,fregat senjata kok ala kadarnya,gak ada serem2nya...paling ketara kelihatan,kapal kita kebanyakan sangat lemah pertahanan udaranya....masih ngimpi lah yeee

    BalasHapus
  3. Kasiannnn Banget NKRI... Hihihihhhihhhhhi

    BalasHapus
  4. kebabyakan subsidi ampe 305T
    liat miyanmar negra baru "terbuka" berani matok harga bbm 15rb

    kebanyakan demo rusuh biar bbm gk di naikin padahal cuma 1500 doang
    yg demo siapaaa yg ditujukan demo siapa yg nikmati orang kaya sama petlrusahaan batuvara yg pake solar subsidi

    BalasHapus
  5. kalo tidak kerjasama dgn luar negeri nanti harga2nya ketahuan....ndak bisa korupsi lagi....trus ndak bisa kaya 7 turunan donk

    BalasHapus
  6. Jangan sakwasangka begitu, nggak baik. Kita harus yakin sekali lagi harus yakin bahwa yang buat perencanaan dan anggaran itu, apalagi pesan dan beli Alutsista itu sudah pusing tujuh keliling untuk memutuskan yang terbaik buat TNI kita. Kurang makan, kurang tidur, rapat....rapat, ....rapat terus sampai lupa waktu siang dibuat malam, malam dibuat siang, berulangkali agar tidak salah dan tidak gegabah menentukan pilihan Alutsita yang bagus, canggih.
    Lihat, body mereka jadi pada subur-subur, karena perutnya masuk angin, kurang makan, kurang tidur, pengin kerokan nggak ada minyak angin. Yang pinter minum Antangin JRG, coba kalian menggantikan mereka belum tentu menghasilkan kebijakan dan keputusan yang bagus seperti yang kita saksikan sekarang, hebat nggak Alutsista kita?.
    Maka jangan ngumbar nafsu memberi penilaian yang nggak mutu apalgi negatip.
    Harus yakin, coba di ulang, harus yakin. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin gimana bro....dari dulu selalu yakin ujung ujungnya dikadalin ....

      Hapus
    2. yakin sih yakin, kerna kita sayang sama tni, kita pngen alutsista yg gahar buat tni, biar mereka tambah tangguh dan d segani musuh, klau mereka boleh memilih pasti mereka pngen teknlogi yg canggih.
      alutsista yg d bli itu kebanyakan pilihan pemerintah, dpr dan skelompok orang yg pengen ngambil ksempatan dgn uang belanja alutsista.......
      yg jelas kita ngak pengen tni kita yg gagah, hrus kalah krna alutsistany yg ............

      Hapus
    3. Yup benar bro ....masak tentara negara lain udah pakai gps, TNI masih pakai peta kan ngak lucu bro ...sebetulnya sistem pemerintahan udah bagus cuman individunya yang KATROK KORUPSI.....berharap ada perubahaan dari generasi muda buat NKRI ku..

      Hapus
  7. Indonesia makin gk punya harga diri. Punya lautan yg luas bgt, kapal perang jmlhnya cuma segitu. Pengadaan kapal perang juga dikadalin Belanda. hihi maluuuuuuuuu dddeeeehhh.

    BalasHapus
  8. indonesia ngak belajar dari pengalaman udah tau belanda kya gitu,ngelepasin irian barat aja kita harus pake alutsista canggih dulu.Coba waktu itu kita ngak punya destroyer mana mau belanda pergi.Dari pengalaman aja kita udah ngak friendly ama belanda knp masih milih frigate belanda sih? klo belajar itu ama negara yang welcome.Tinggal pilih aja klo mau frigatenya kya frigatenya anggota NATO kita bisa belajar ama francis,german,turki dan italia.Klo mau frigatenya seperti anggota blok timur tinggal belajar ama russia atau china.lihat deh india yang sukses belajar dari russia

    BalasHapus
  9. enakan buat kapal dengan luar negeri, supaya banyak rapatnya, kayak dpr setiap rapat ada dana yg bisa dikorupsi, belum uang tutup mulut, tinggal bohongi rakyat beli sekian....kalo ngajuin anggaran bahan kelas 1 tp kalo sudah cair pake bahan kelas 5 supaya cepat ganti, kalo ndak gitu kapan oe kaya

    BalasHapus
  10. @anonim diatas : yaaa kan kebanyakan KRI milik kita dari belanda semua bang, siapa tau udah faham cara pemakaian + perawatan.

    @boloroes11 : emang susahnya rapat lho apa???
    tinggal duduk diem, setuju bikin PKR ke belanda
    habis itu dapet dah uang sisa dari belanda, beres kan??
    bodinya subur kan juga gara" kebanyakan makan.
    ahhh aneh aneh aja kau ini.

    BalasHapus
  11. buat yg sering bilang "Nkri harga mati".....kagak salah anda bilang seperti itu bahkan 100% benar...tapi gak mungkin dong jaman sekarang kita berperang mati2an tanpa dukungan persenjataan yg memadai...bisa2 mati konyol kita hehehe...negara kita sangat kaya tapi sayang hnya dinikmati seglintir manusia jangankan buat pemerataan buat rakyat, buat pertahanan negara saja dikorup,mereka cuma mikir bila negara kita diserbu musuh mereka pada kabur keluar negeri...tinggal kita2 nih udah kelaparan disuruh perang pake bambu runcing kayak jaman perang kemerdekaan dulu hehehehe....benar2 NKRI HARGA MATI !!!!!

    BalasHapus
  12. emang apa sih yg udah lo kasih buat NKRI ?!
    pemerintah buat keputusan pasti udah dipikirin jangka panjang , antek LSM bangsat yg dikasih dana asing lo ya ? kalo malu jadi WNI mending pindah negara sono ! NKRI ga butuh banci-banci kaya lo !

    BalasHapus
  13. geregetan bgt kalo baca berita2 model ginian.. masa indonesia kalah pinter sich ama myanmar yg bener aja..

    BalasHapus
  14. LOWONGAN:

    DICARI SEGERA: Pengamat Militer.

    Syarat.
    Pendidikan : terserah
    Pengalaman : terserah
    Kepribadian: sok tau.

    BalasHapus
  15. sok tau bro !!!indonesia sudah mampu tetapi duitnya ora nongol nongol!!!!

    BalasHapus
  16. indonesia punya anggaran militer yg lumayan banyak, kenapa nggak langsung beli 20 kapal selam kelas kilo, 20 sukhoi, dan 100 leopard itu udah cukup, tetangga pasti langsung geter mendengarnya, sebel banget gue, DPR bisanya korupsi aja, jalan2 ngabisin anggaran dengan alasan studi banding, kalo ada rapat tentang kemajuan indonesia gak hadir, parpol2 korupsi, gimana mau indonesia maju dan pendapata perkapitanya tinggi dan juga anggaran yg besar kalo pejabat2nya terus korupsi, Bangsat ! indonesia punya hukum dlm UU kalo koruptor harus dihukum mati, tapi pemerintah sama sekali tidak melakukanya, semoga tikus2 koruptor ini segera ditangkap dan di hukum mati, biar indonesia maju dan militer kuat, masa kita harus kalah soal fregat ama myanmar,,

    BalasHapus
  17. udah jangan malu malu, berangkat ke myanmar minta TOT

    BalasHapus
  18. Hoooreee . TNI serba ketinggalan

    BalasHapus
  19. Keciannnn dehhhh..... Nguk nguk ngukkkk......

    BalasHapus
  20. Pespur blm perang udh jatuh duluan, kapal perang pada tua mirip kapal ikan. Di senggol malingsial pura2 ga liat alesan blm ada printah. Cape deh.

    BalasHapus
  21. udah beli ke miyanmar saja dari pada beli ke belanda di kibulin terus sama mener,...payah TNI AL ni, kapan bisa di banggakan sama rakyat nya.

    BalasHapus
  22. kita lagi proses bikin freegat juga masbro2 slow aja kita liat aja hasil nya gemana.. kalo sekarang mah cuman kalah cepat aja ama myanmar...

    BalasHapus
  23. Alutsista yg sdh kadalu warsa hrs dibuang, apa gunanya saya bayar pajak kan utk beli alutsista yg baru/membiayai penelitian alutsista yg bagus dan TNI jangan dibuat mati sebelum perang dikarenakan kecelakaan alutsista tinggalan zaman 1945. Agar semua hrs tahu khususnya pemerintah, jangan buta tuli utk alutsista TNI dan jangan mendengar lagi menggunakan alutsista tinggalan tahun 1945. Merdeka........................

    BalasHapus