Rabu, Januari 23, 2013
57
Pantsir-S short-range air defense system
Pantsir-S short-range air defense system
TNI AD  tidak mau tanggung-tanggung dalam memodernisasi persenjataan mereka.  Rencana Pembelian 8 unit AH 64 D Apache Longbow semakin mendekati kenyataan setelah kongres AS memberikan lampu hijau untuk  menjual helikopter itu kepada Indonesia.

JKGR-(IDB) : Kementerian Pertahanan akan tetap membeli helikopter Apache dari Amerika Serikat. Harga yang mahal tidak menyurutkan niat pemerintah. “Harganya memang sangat mahal, kami harus mempertimbangkan kekuatan anggaran,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Mayor Jenderal Ediwan Prabowo kepada Tempo, Rabu, 9 Januari 2013. …”Congress notification sudah kami terima, kini tinggal tunggu persetujuan DPR kita,” kata Ediwan.

HELLFIRE
Rudal  HELLFIRE AGM-114R3
Rudal HELLFIRE AGM-114R3
Pembelian 8 unit AH 64 D Apache Longbow juga meliputi persenjataan mutakhir milik Amerika Serikat, yakni  32 launcher misil  M299A1 HELLFIRE serta 140 rudal  HELLFIRE AGM-114R3.
Apache Longbow Enhancements:
  • Longer-range weapons accuracy and all-weather/night fighting
  • Detection of objects (moving or stationary) without being detected
  • Classification and threat-prioritization of up to 128 targets in less than a minute
  • Integrated sensors, networking, and digital communications for situational awareness, management of the combat arena in real time, and digital transmission of images and target locations to joint operations battlefield commanders
Sejumlah peralatan pendukung untuk helikopter Apache ini juga diborong Indonesia termasuk:
" 19 T-700-GE-701D Engines (16 installed and 3 spares), 9 Modernized Target Acquisition and Designation Sight/Modernized Pilot Night Vision Sensors, 4 AN/APG-78 Fire Control Radars (FCR) with Radar Electronics Units (Longbow Component), 4 AN/APR-48A Radar Frequency Interferometers, 10 AAR-57(V) 3/5 Common Missile Warning Systems (CMWS) with 5 th Sensor and Improved Countermeasure Dispenser, 10 AN/AVR-2B Laser Detecting Sets, 10 AN/APR-39A(V)4 Radar Signal Detecting Sets, 24 Integrated Helmet and Display Sight Systems (IHDSS-21) ".

 Mi-35 P 

Mi-35 TNI AD
Mi-35 TNI AD
Selain AH 64 D Apache Longbow, TNI AD juga telah memiliki Letayushiy tank atau tank terbang,  Mi-35P  (Mil Mi-24 (NATO: Hind).

Menurut  Jane’s Defence,  Mil Mi-35P memiliki kesamaan fungsi dengan jenis helikopter AH-1 Cobra, UH-60 Black Hawk, AH-64 ApacheA129 Mangusta dan Kamov Ka-52 Alligator.

Mi-35P merupakan helikopter bermesin ganda yang ditujukan untuk memberikan dukungan bagi tentara darat dari jarak dekat, menghancurkan kendaraan lapis baja serta sebagai alat transportasi pasukan atau barang; artinya helikopter ini merupakan alat tempur pasukan infantri yang terbang.

Kinerja
  • Laju maksimum: 335 km/h (208 mph)
  • Jarak jangkau: 450 km
  • Batas tertinggi servis: 4.500 m
Persenjataan
  • 12,7 mm YaKB-12.7 Yakushev-Borzov multi-barrel machinegun
  • 1500 kg bom
  • 4× Peluru kendali anti tank (AT-9 Spiral-2) alias 9M120 Ataka.
  • 4× 57 mm S-5 rocket pod atau 4× 80 mm S-8 rocket pod
  • 2× 23 mm meriam dua laras atau
  • 4× tangki bahan bakar eksterna
Sebagai rudal anti tank, jangkauan AT-9 cukup jauh,  bisa mencapai 6 – 8 Km dengan kecepatan luncur 550 meter per detik. Rusia sangat mengandalkan AT-9 sebagai pilihan alutsista mereka. Selain dirancang untuk diluncurkan dari heli Mi-35/Mi-24, heli tempur kelas berat Mi-28 Havoc  juga mengandalkan AT-9 untuk menghancurkan tank musuh.

AH 64 D Apache dan Mi35P

AH 64 D Apache Longbow
AH 64 D Apache Longbow
Helikopter serbu tetap saja memiliki kelemahan dalam medan pertempuran. AH-64 Apache hanya bisa terbang selama 3 jam 9 menit, dan harus turun / menarik diri dari medan pertempuran, untuk pengisian ulang bahan bakar. Karena keterbatasan itu, maka helikopter serbu disebut sebagai alutsista bantuan bagi pertempuran/ serangan darat.

Heli Apache AH 64 maupun Mi35P lebih ditujukan sebagai fungsi Attack (bantuan), menetralisir sasaran yang sulit dituntaskan oleh pasukan darat.

Lalu unit mana yang mengisi posisi defence/ pertahanan,  embeded dengan pasukan kavaleri, jika MBT Leopard 2 dan IFV Marder bergerak di medan pertempuran. Begitu pula dengan perlindungan terhadap MLRS Astros II dan Meriam Caesar 155mm yang baru dibeli.

Yom Kippur 1973

Perang Yom Kippur 1973
Perang Yom Kippur 1973
Peperangan Yom Kippur antara Israel dan Mesir bisa memberi gambaran betapa pentingnya rudal pertahanan bagi satuan lapis baja.

Pagi  6 Oktober 1973, setelah Brigade lapis baja Mesir berhasil menyeberangi Terusan Suez dan menyapu pasukan Israel di pos terdepan, Angkatan Udara Israel langsung mengudara memburu satuan lapis baja Mesir.  

Mereka tidak sadar rudal anti-udara Mesir sudah menunggu di belakang satuan Lapis baja. Ratusan pesawat Israel yang melakukan penyerbuan rontok dimakan SAM Mesir.

Kesalahan Mesir adalah, payung udara ini tidak terus bergerak bersama dengan satuan lapis baja yang terus melaju ke depan.  Akhirnya Israel menemukan celah untuk melakukan serangan balik, mengisolasi satuan lapis baja yang sudah menyeberangi terusan Suez dan melakukan penghancuran.

Tunguska Atau Pantsyr

Tunguska M1
Tunguska M1
TNI AD pun mulai mencari sistem persenjataan anti-udara yang bisa melindungi kendaraan lapis baja saat bergerak di medan pertempuran. Untuk itu Tunguska M1 Anti-Aircraft System milik Rusia (NATO SA-19 Grison) mulai dilirik.

Tunguska M1 merupakan sistem senjata dan rudal, untuk pertahanan udara low level, baik untuk pesawat terbang, helikopter maupaun sasaran darat. Kelebihannya, persenjataan ini bisa membidik targetnya baik dalam keadaan diam maupun saat bergerak, dilengkapi  rudal jarak jauh serta senjata mesin, untuk pertahanan jarak dekat. Tunguska sudah digunakan Angkatan darat Rusia sejak tahun 1998 dan telah diekspor ke Jerman, India, Peru, Maroko dan Ukraina.

Dengan kecepatan maksimum 900 meter/second, rudal ini mampu membidik sasaran darat 15  meter hingga 6 km untuk sasaran darat dan 6 hingga 15 km untuk sasaran udara.  Tunguska juga dilengkapi dengan dua twin-barrel 30mm anti-aircraft guns yang bisa menyemburkan peluru 5000 butir per menit dengan jarak 3 km untuk sasaran udara. Untuk sasaran udara bisa mencapai 4 km.

Radar Tunguska mampu menjejak musuh dikejauhan 18 km dan mulai bisa tracking di jarak 16 km.

Pantsyr S1 

Pantsyr S-1 (tracked)
Pantsyr S-1 (tracked)
Pilihan lainnya adalah senjata sistem pertahanan udara jarak dekat Pantsyr-S 1 (SA-22 Greyhound). Senjata ini lebih maut untuk menangkis berbagai jenis senjata: pesawat tempur, helikopter, roket, peluru kendali, precision-guided munition hingga unmanned air vehicles. Pantsyr juga bisa menghantam  light-armoured ground targets.

Produsen pantsyr S1 sama dengan Tunguska M1, didisain oleh  KBP Instrument Design Bureau, di  Tula dan dirakit oleh Ulyanovsk Mechanical Plant, Ulyanovsk, Rusia. Pantsyr diyakini lebih akurat dibandingkan Tunguska M1, karenasistemnya pun lebih baru.  Sistem pertahanan dan persenjataannya dapat diaktifkan dalam beberapa mode frekuensi dan beroperasi pada multimode adaptive radar-optical control system.

Pantsyr didisain untuk menghadapi semua tipe target, khususnya high-precision weapons. Pantsyr ini dioperasikan oleh Uni Emirate Arab sejak tahun 2007.  Suriah menerima sekitar 50 pantsyr  pada tahun 2008. Jordiania juga memesannya dengan jumlah yang dirahasiakan.

Pantsyr S1 surface-to-air missiles

Pantysr S1
Pantysr S1
Pantsyr-S1 mengusung 12 rudal 57E6 permukaan-ke-udara dengan hulu ledak  16 kg. Rudal ini memiliki berat 65kg dan memiliki kecepatan maksimum 1,1 km/ detik dengan daya jangkau 1 hingga 12 km.

Dua senjata 2A72 30mm dilengkapi dengan 750 putaran dari berbagai amunisi (HE (high-explosive) fragmentation, fragmentation tracer and armour-piercing with tracer). Menyemburkan 700 putaran/ menit dengan jarak hingga 4 km.

Jarak deteksi sasaran 30 km dan tracking 30km. Air defence system ini mampu menjejak benda sebesar  2cm² hingga 3cm²  untuk target sejauh 24 km. Radar Pantsyr dapat menjejak rudal yang sedang dalam perjalannaya menuju sasaran.

Rudal ini dipasang di truk The Ural-5323 truck  8×8 atau di kendaraan lapis baja (tracked).

Pantysr Chasis Ural Truck  8×8
Pantysr Chasis Ural Truck 8×8
Ada baiknya yang dipilih adalah Pantsyr yang menggunakan platform tank (roda rantai/ tracked) agar bisa mengikuti pergerakan MBT Leopard/ IFV Marder serta lapis baja kavaleri lainnya.

Kasus perang Yom Kippur 1973 menunjukkan, satuan pertahanan udara Mesir tidak bisa mengikuti  kecepatan pergerakan lapis baja, menyebabkan payung udara bagi lapis baja  bolong dan berhasil dimanfaatkan Israel.

Jika ke depan TNI jadi membeli  sistem persenjataan pertahanan udara jarak  jauh  seperti S-400 atau S-300 maka Pantsyr juga bisa melindungi S 300 tersebut.

Membeli Pantsyr dan S-300 adalah harga yang terlalu murah untuk melindungi ratusan juta penduduk Indonesia serta menjaga wilayah Indonesia yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke beserta kekayaannya yang melimpah.

Hal itu pula yang diyakini oleh Vietnam. Meski ekonomi mereka relatif  lebih lemah dari Indonesia, namun untuk urusan menjaga tanah air dan rakyatnya, Alutsista nomer 1 yang mereka beli, seperti 6 KS Kilo, Frigate Gepard Class Rusia, serta 40 Rudal Pertahanan pantai Bastion-P Yakhont (SS-N-26) anti-ship missiles 





Sumber : JKGR

57 komentar:

  1. Apache + panstyr s1+s 300/400,bikin merinding malon,singa,ausi..perpadua senjata yg sangat bagus muda2han terealisasi..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari perang yom kippur, peralatan perang modern dan berjumlah banyak tanpa intelejen yg bagus tdk ada gunanya sama sekali. Intelejen sgt berguna utk mengetahui kelemahan dan keunggulan lawan. Info yg salah dari barisan intelejen berakibat fatal dlm pengambilan keputusan peperangan. Saat sekarang kemampuan penguasaan di bidang IT jg sgt membantu peperangan, kita bisa lihat kemampuan iran dlm merusak komunikasi pesawat tak berawak USA shg mereka bisa mengendalikan pesawat tsb dan kemampuan iran dlm perang cyber dlm menangkal virus yg merusak instalasi penting mereka skaligus menyerang balik.

      Hapus
    2. Kita jg bisa belajar dari cina dlm merusak komunikasi satelit mata-mata USA yg sdg mengintai di atas udara cina mjd satelit sampah atau kita bisa melihat kepintaran iran dlm membuat instalasi penting mereka di bawah tanah shg terlindungi dari satelit dan pesawat pengintai jg penyerangan musuh baik dgn peluru kendali maupun penyerangan langsung dari pesawat tempur. Kita tdk mau spt sudan yg pabrik senjatanya hancur diserang pesawat2 israel.

      Hapus
  2. Nah itu dia, vietnam yang negara kecil aja belanjaan alutsistanya pasti lebih dari 4% APBN nya. Sedangkan indonesia belanja Alutsista nya msih skitar 0,7 % (mohon koreksi kalau salah). Nha kan gk logis cuma di angka 0% aja. Klo misal di angka 2% gitu kan terasa. Karena wilayah kita itu besar, dan jgn maen2 dg luas wilayah Indonesia. Karena kita itu bangsa besar, Alutsista hrs besar. Acungin jempol dkit deh sekarang mulai peduli terhadap Pertahanan Negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jngn liat dari presentasinya mas bro
      liat dari GDP negara trsebut
      INA 0,7% dari 1,125 Triliun USD sama vietnam 4% dari 100 miliar USD
      lalu rakyat kita bnyak mas bro
      kita memikirkan kesejahtraan dulu karna perang blm tentu terjadi
      liat aja subsidi pendidikan 500-600 T
      energi 300T
      pembabgunan dll

      negara kita luas masyarakat bnyak
      jngn sampe kayak india yg mementingkan militer karna perang bisa terjadi kpan saja tp masyarakat di India bnyak yg menderita

      Hapus
  3. SETUJU.. PANTSYR (Ver Tank), sejarah perang yom kippur adalah realitas untuk diambil pelajaran bahwa "perisai" udara/darat dan mobilitas adalah salah satu kunci penting pemenangan pertempuran di darat.

    BalasHapus
  4. Usulan untuk tni AD
    Mil Mi-35 tambah lagi 17 buah sebagai helikopter serang umum. AH-64D Apache Longbow jadikan sebagai helikopter serang khusus karena kecanggihan teknologinya. Untuk SAM, S-1 Pantsir saja, Beli yang platform truk (Mudah dan murah perawatannya) dan rudalnya sudah terbarukan (SA-22 Greyhound), namun bila mendesak untuk harus memakai platform tank, dapat memakai medium tank Pindad (bila prototipenya berhasil tahun ini, insya alllah) dan kerjasama untuk mengupgradenya dengan KBP, kaya Pantsir UEA make platform truk Jerman. Untuk S-300 tempatkan di perbatasan selat malaka, Kalimantan, Ambalat, Sulawesi Utara, Biak, Merauke, Jayapura, NTT, Banten.

    BalasHapus
  5. Menambahkan sekilas tentang serbuan Mesir ke Sinai pada perang "Yom Kippur" disamping yg sudah diceritakan, kekalahan Kavaleri Mesir adalah kurang lajunya dukungan logistik BBM untuk mendukung Tank-Tank Mesir yang bergerak cepat. Pada waktu itu sebenarnya Mesir sudah dapat menguasai medan pertempuran baik di Darat dapat melewati garis Baar-Lev dg serbuan tank dan infanteri, Laut dg serbuan kapal cepat Roket dan Udara dengan serbuan pesawat-pesawat Mig.Namun sejarah bercerita lain, berkat rapinya kerja Intelijen Israel, maka dengan mudah Israel dapat merubah keadaan, diantaranya begitu pilot2 Mesir sedang menikmati sarapan pagi, maka diserbulah pangkalan udara dan hasilnya puluhan pesawat Mesir hancur sebelum sempat mengudara, begitu pula tank-tankMesir yg sudah ada di barisan depan tidak mendapat dukungan BBM karena dengan cekatan Israel menggali jalan logistik Mesir sehingga pasokan BBm untuk tanknya terhambat. Pada saat yg kritis tank tidak dpt maju lagi di saat itu Israel menyerbu dan mengalahkan Mesir di Sinai.
    Yang dapat diambil pelajaran disini adalah khusus material senjata Russia yg dipakai perang oleh Mesir ternyata oleh pihak Israel tidak dibuang begitu saja namun dipelajari dan dimodifikasi dan Israel mengakui bahwa metalurgy Russia memang benar-benar berkwalitas tinggi, Dalam kondisi panas terik dan juga diterpa oleh badai pasir ganas, alutsista Russia ternyata memang jempolan daya tahannya. Kitapun mempunyai pengalaman serupa bagaimana senapan serbu AK-47 dan tank Marinir sampai sekarang masih tetap eksis. Jadi kalau TNI akan memperkaya alutsista dari Russia saya kira merupakan keputusan yg sangat baik. Ciri-ciri material Alutsista Russia adalah, secara anatomi memang kurang artistik tidak seperti material Alutsista Barat(Western). Kurang humanis, kasar, kwalitas materialnya bagus sekali, simple operatingnya, optimal hasil kerjanya, minim perawatan tidak seperti material alutsista barat ( western) dan seingat saya kalau beli dari Russia mudah2-an masih seperti yang terdahulu cukup dibayar dengan komoditi perkebunan seperti ; CPO kelapa sawit, Getah Karet, Lada terutama Lada Hitam.
    Dan ngomong - ngomong perihal perlindungan udara, beberapa tahun yang lampau pernah dipresentasikan sistim senjata penangkis serangan udara sebagai bagian perlindungan pada pendaratan amphibi dengan kanon 30 mm Mauser dilengkapi / dipandu sistim Optronik (Optical Elektronik) dipasang diatas chasis ex BTR - 50 dilengkapi dengan rudal Strella pada samping kiri kanan kanon masing-masing 4(empat) unit dan sistim perlindungan serangan udara gerak sendiri ini didesain dan dikerjakan di dalam negeri, hanya senjata dan sebagian material dibeli dari luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya serangan udara israel ke pangkalan udara mesir saat pilot2 mesir sedang sarapan pagi itu terjadi pada saat perang 6 hari tahun 1967 bukan waktu perang yom kippur.

      Hapus
  6. kalau sepengatahuan saya perang yomkipur itu bukan mesir sama israel tapi suriyah sama israel sampai2 dataran tinggi GOLAN di kuasai israel sampai sekarang,...dan saya suka ulasan nya tentang ilmu setrategi dan persenjataan nya sudah menguasai, lanjutkan terus Indo Defense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perang Yom Kippur memang melibatkan mesir juga, Mesir-Suriah bekerja sama, jadi Israel terlibat dalam perang 2 front...

      Hapus
  7. Kalu belanja gitu jangan tanggung, asal mau sebenarnya kita kan ada duit, asal jelas harga & mutunya mahalpun ayuuk kita beli.. sangat setuju TNI AD borong Tunguska/Pantsir,Apache, lebih gahar lagi tuu terima tawaran Rusky S 300, syukur nambah Mi 35 nya, utk pertahanan udara jarak menengah biar pesawat Jiran pongah mikir 1000x mau nyengool wilayah RI, jitran masuk sikat sj..bravo TNI AD..maju indonesiaku

    BalasHapus
  8. Sudah la indon, tentera indon kena embargo hampir 10 tahun menyebabkan banyak peralatan tentera indon ketinggalan. Nak beli senjata pun kena minta kebenaran US. Indon macam kera dapat cincin! Orang lain dah lama maju, indon baru nak maju sikit tapi berkokok kuat-kuat. Kampungan! http://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_peluru_kendali_balistik

    BalasHapus
  9. Sudahlah malon adik durhaka, sudahlah singaporno adik lain bapak dan ibu !!!! Kami buat dan beli yang kami mau dan perlu. US yg butuh uang dan teman buat hadapi China. Kami netral saja.

    BalasHapus
  10. ada kera malon gila kepanasan, berasap kepalamu lon

    BalasHapus
  11. No hoax http://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_peluru_kendali_b
    alistik
    indon banyak mimpi mau berjaya di asia negara kau macam babu china

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar malonsialonte kalian malaysia fuck

      Hapus
  12. jangan di pikirin itu malon abal-abal hehehehehe...
    Lanjutkan lg beritanya bro kita cuma ingin tau aja perkembangan alusista dalam negri :)

    BalasHapus
  13. Hati-hati gan kalo mau buka-bukaan jangan disini
    malon belajar sejarah indonesia dari wikipedia dan blog-blog forum militer..
    Makanya rahasia negara harus tetap di junjung tinggi..
    Lalu Dengan cara membayar Lsm agar pemerintah mau menelanjangi alusista apa saja yg di beli dari dalam dan luar negri...
    Diam lebih baik dari pada bicara menjatuhkan harga diri.
    Kenali Musuhmu adalah kawanmu
    para lsm yg selalu berteriak hamburger, kemiskinan, korupsi tapi dengan tujuan yg sama agar bisa memecah belah kedaulatan nkri..
    Salam bhineka tunggal ika

    BalasHapus
  14. malon babi ngapaen ikutan dimari apa tmpat kalian gak ada blog smacam ini ya. Malon jancokkk,,,

    BalasHapus
  15. malon bodoh itu wikipedia palsu buatan malon anjing.
    malon mau lihat yang asli wikipedia :
    http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_peluru_kendali_menurut_negara
    buka lon yang ini, malon kagak punya rudal balistik.

    kakakaka...malon lawar nyer...

    BalasHapus
  16. http://wikipedia.org/wiki/s-300(missile)malon hoax
    http://wikipedia.org/wiki/p-800 bangun lon jangan mimpi di siang hari, emang malon senang berkhayal xixixi.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat wikinya tak bisalah di buka siapakah yg hoax
      indon masih suka mimpi di siang bolong..
      Muehehehehe

      Hapus
  17. Malaysia enggak usah belagu .anda hidup selamat dari krisis erport 35% ke indo .lebih baik ikat persaudaraan dari pada comflik ! Anda memilih comflik jellas celaka , economi meliter anda malaysia masih tergantung ingris britis!! Sedangkankan britiss gemis 2 mau jual senjata alutsista ke indo .mondar mandir petinggi britis datang ke kapital jakarrta..untuk malaysia sebaik lebih sopan bicara srumpun melayu itu lebih cantik lah ,kalau tidak malaysia kayak tellor di atass mejaa .bisaa lepas serawakk ,igat srewak not happy gabung malaysia !!!!

    BalasHapus
  18. malon takde wang mana mampu beli rudal, pesawat aja sewa, itupun gak jadi-jadi...anggaran militer malonjing ciput jer....

    BalasHapus
  19. ternyata persenjataan yg ada di hayalan gw udh ada, Pantysr S1. Tp kekurangannya tidak memiliki geranat asap untuk melarikan diri. Mengingat tank sangat lemah dengan serangan pasukan PARA. Sehingga tank2 tarsebut dapat dikuasai oleh musuh. Serta senjata pelontar geranat didepan untuk senjata anti infanteri. Ya, minimal 8 selongsong sisi kiri dan kanan. jadi 16 pelontar.

    BalasHapus
  20. dasar malingsial, rupanya sampai blog ini aja mau dipaling nyrempet2 kesini,...maling-maling nyah lah kau keneraka.

    BalasHapus
  21. lon, coba tanya ama Hylobatidae owa biar diajari lihat iwik-iwik.com...xixixi
    malon, malon

    BalasHapus
  22. Para monyet Malon diam-diam mengintai sambil menyeringai ngeri melihat kebangkitan militer Indonesia melalui blog ini. Panas berasap

    BalasHapus
  23. Dasar indon miskin macam mana nak beli alusista banyak rakyat indon masih makan nasi aking.... indon indon mimpi disiang hari

    BalasHapus
  24. sib..., nasib, wiki kok dijadiin acuan, udah nggak usah kepancing, apalagi kita mo diadu sama singapore,justru mereka itu yang ada api dalam sekam sama singapore, gara-gara sumber air dolo, gayanya boleh teriak cut,cut,cut tapi dibentak negara titik dimap dunia diancam perang aja langsung masuk kandang, padahal bukan singapore yang sekarang. Sampai sekarang dendamnya tuh, coba liat astrosnya diarahin kemana coba ? kita emang ada masalah apa sama singapore perjanjian keamanan dan latihan militer ? wajar itu sih tiap negara punya penawaran masing2 kalo belum ketemu ditengah ya anggap aja belum beres. Singapore itu pintar tau apa yang dihadapi, daripada jadiin indonesia musuh mereka rangkul jadi teman dengan ekonomi, liat investasi nya di indonesia, mereka juga nggak main klaim2 ,klo jiran kita yang satunya taktik kuno jadiin satu negara jadi musuh biar rakyatnya bersatu untuk nutupin kekisruhan politik dan ekonominya kayak argentina dolo,tapi sayang salah pilih lawan, udah tinggal diliatin aja ntar juga mati sendiri...☻...yg penting gimana pemerintah kita ada perhatian, belum ? mikirin arhanud mobile
    jarak pendek dan jarak jauh....☺

    BalasHapus
  25. wah koq dia pada perang disini sih???
    Udahlah bro biarin aja
    malaysia dan indonesia kan saudara serumpun
    biarin aja di ngintip ntar juga bintitan matanya..
    coba tanyakan saja sama serumpun-serumpun yg bergoyang..
    Hehehe damai lebih indah bro dari pada maki-makian dimari ga ada gunanya..
    Okeeeh NKRI HARGA MATI

    BalasHapus
  26. hei malon dulu kau sombong sekali karena militermu kuat, tapi sekarang kami bangkit lagi dan kau mulai iri, jangan lupa majikanmu mama eli memasang wajah manis agar bisa merayu kami
    kami merdeka dengan perjuangan kami sendiri sedangkan kau malon brengsek merdeka karena ngemis sama inggris. kah kah kah(ketawa ala malon)

    BalasHapus
  27. Kau tak pernah lihat TV atau baca koran Lon? Kau tak tahu kami masuk dalam G20. Tolol kali kau, seperti katak dalam tempurung, cam mana bisa kau sebut kami miskin? Buka mata dan telinga kau lebar-lebar.....

    BalasHapus
  28. yah namanya juga analisis gan..
    moga2x aja pemerintah kita mau mewujudkan Apache, Panstyr S1, S300 dan S400 untuk datang ke indonesia..
    Untuk para maloners pada lupa ya kesatria inggris ada dimana??
    ntar bisa2x nggak dianggap anak lg lu sama inggris alias di D.O..
    Miskin 7 turunan baru tau rasa lo..
    Pikir pikir dulu kalo mau komentar !!

    BalasHapus
  29. alahh liat bahasanya, itu malon abal-abal, cuma pancingan maut biar nih situs rame jadi kayak topix, situs yang sukses dari kebencian, rasisme dan sara itu, makanya kalo bicara disini pake intelek jgn OOT, nggak usah mikirin negara lain pake acara2 mo perang ama negara lain, tapi kalo cuma dijadikan contoh ato perbandingan nggak masalah, pikirin aja kemajuan negara kita sendiri dolo.....

    BalasHapus
  30. Sudah-sudahhh si Beruk Malon kok diladenin :))

    Si Beruk Malon nih cuma kepanasan je, lihat blog2 indo yg diupdate terus menerus dengan perkembangan alutsista kita.

    Gwa tau semua kok blog2 defense punya si Malon Beruk, Isi beritanya Buruk, Jahat, jelek, analisisnya kemana2 kayak copy paste cari d wikipedia, tidak nyambung dengan berita informasi alutsista mereka sendiri, asli jelek banget nggak bisa d upadate mungkin nggak tau musti update berita apa

    KESIAN SI MALON BERUK MESTI PATUH PADA TUAN YANG DIPERTUAN HOMO...:))
    & YANG DIPERTOAN HOMO MESTI PATUH PADA MOYANG BRITISH...:))

    Kembali ke topik lagi nih, bener kata pak admin TNI-AD butuh Pantsir, tapi masih belum lengkap jika tidak dibarengi dengan strategi TNI-AU...

    BalasHapus
  31. Yang ptg abaikan komentar beruk malon, gak usah d tanggapin biarin ajha, ntar dy mati sndiri koq. Yang ptg alutsistanya beruk malon gak ada yang hebat, cm rongsokan ajha, liat ajha pespurnya...
    Mig nya ampir graounded smua, sukhoi mkm 30 gak ada spare part, F-18 dn F-5 tinggal brp biji doank. N kapal fregat bbrp biji. Pa lagi tank odong2 PT-91
    Yang pnting si beruk malon gak ada taji deh.
    Wkwkwk


    BalasHapus
  32. kalo yg provokasi cukin ajah paling ntar diem sendiri, tetangga indo kan banyak, bkn cuman malaysia thok, sapa tau mereka pakai gaya bahasa orang lain buat bikin keruh suasana, jaga jaga boleh kan.

    BalasHapus
  33. la ini baru senjata,coolman tampil gagah dan mantap

    BalasHapus
  34. Setuju upgrade senjata sam, semoga di beli dengan jumlah cukup untuk melindungi semua aset dari sabang sampai merauke, penguatan kekuatan harusnya belajar dari negara besar termasuk voc ketika menjajah negeri kita, disitu ada kepentingan untuk memajukan dan mensejahterakan negara disitu pula dibangun sistem untuk mengamankannya dengan sistem yang tangguh dan sulit dikalahkan, persaingan tetap akan terjadi maka persiapan harus lebih matang, dan membangun jangan mau rugi, misalnya jika ada kebun sawit harusnya disana dibangun pabrik pengolahnya, sarana transportasi berat masal [kereta], pabrik produk akhir, pelabuhan eksport,pendidikan pendukung industri utk penduduk lokal serta sistem keamanan/pertahanan yang cukup. [jika luas ya tentu alutsistanya mampu mengkover smua wilayah

    BalasHapus
  35. Melayu MALAS-SIA Paling Suke Melonte.
    Melayu MALAS-SIA Shalat Ga Melacur Ga
    Melayu MALAS-SIA Emang Orang Malas, Cine ame tambi yg budaknya......Pokok nye Orang MALAS.
    oRANG MALAS JANGAN DILADENI....bRO...Hidup Indonesia Raya

    BalasHapus
  36. Yg penting beli rudal jgn dr amrik atau nato,kalau perlu kerjasama dgn china atau rusia dlm pengembangan rudal,atau sama iran belajar nangkap drone....soal nya wilayah kita rawan drone asing trutama dr amrik maupun negara sekitarnya.ada saran kalo beli rudal jgn tanggung tanggung s300 atau s400 atau HQ19

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapainkan udah punya sonda tinggal di kasih sensor jadi deh balistik :p

      Hapus
  37. eh malon babi...urus aja negaramu sendiri...kuranga ajar x kau monyet,mampir2 kesini buat ngerusuh..siap2 aja kau nanti kena invasi indonesia

    BalasHapus
  38. Unutk kawans Indonesia, sebaiknya komentar dari Malaysia tak usah ditanggapi. Kalau dia merasa lebih berada diatas angin ya biarkan sajalah. dia tak sadar rakyat malay yang hanya 28 juta itu 22 jutanya berada di peninsula, sabah statusnya sampai sekarangmasih sewa.
    Kalau Malay menertawakan Indonesia ya silahkanlah.
    Malay mau menjajah Indonesia? silahkan datang kemari nak.

    BalasHapus
  39. Udah biarin aja simalon itu gan..malah kita harus kasihan sama dia gak ada yg bisa dibanggain sama negaranya jadi ikutan comment dimari, mama eli aja kemari ngemis2 minta jatah..back on topic hanya bisa bilang wowww..borong tuh senjata canggih biar tni kita makin gagah dalam menjaga nkri..

    BalasHapus
  40. Sebaiknya kita tidak perlu menanggapi komentar Malon..untuk anggaran alutsista Indonesia tahun 2013 sekitar US $ 8,1 miliar (81 triliyun), mereka sekitar separonya. 5 tahun lalu memang kita kalah namun sekarang mulai meninggalkan bangsa Malon. Jadi wajar jika mereka teriak-teriak seperti kambing hendak disembelih karena mereka kaget dan tidak menyangka Indonesia bisa seperti ini. Kalau kita lihat dalam perang antara negara besar dan kecil, negara kecil cenderung lebih teriak-teriak.Contoh Pakistan dulu, sebelum perang tahun 70an mereka teriak2 akan melumat tentara India. Hasilnya dalam perang kita tahu, akhirnya terbentuklah Bangladesh

    BalasHapus
  41. mlaon gk tau malu..........urus aja tu najib yg gk becus.........
    malon aNJING........
    malon babi...
    malon jancok...
    malon pantek..
    malon pukimak...
    malon babu britis...
    .................MALON ASU..............

    BalasHapus
  42. Yth. Admin blog Yth. Mhn kiranya pengendalian thd komen yg nggak sopan, dg harapan blog ini tetap jadi panutan dlm mengemukakan komen. Tks.

    BalasHapus
  43. ngak usah d tnggapi tu si malon.ntr dia jga capek sendiri, orangny irian......
    iri itu tanda orang ngak mampu. biasa jiwa pengemis.

    BalasHapus
  44. Buat Malayshit diatas: hahaha Cacian loe gue jadikan motivasi dan cambuk buat gue menjadi lebih maju, kita gak usah balas orang kaya gitu, biarlah,, dunia itu berputar, kita balas mereka dengan memajukan negeri ini. Maka dari itu 2014 kita pilih Gerindra dan prabowo jadi presiden all, insya allah mereka bisa merubah indonesia dan mereka punya Misi yang sangat bagus, diantaranya:
    1 Membuat banyak lapangan pekerjaan, dan menghapuskan yang namanya PRT/TKI
    2 meningkatkan anggaran pertahanan
    3 menghapuskan penjajahan indonesia, karena sudah berpuluh2 tahun kekayaan indonesia dikeruk oleh asing, tapi pemerintah seolah2 diam
    4 memberikan hukuman yang maksimal kepada para koruptor, kalo perlu di hukum MATI!
    5 memberikan bantuan kesehatan salah satunya KESIRA (kesehatan Indonesia raya)
    6 Menjadikan Indonesia sebagai Macan Asia kembali, karena sudah lama indonesia Di jajah pengeruk asing dan juga para koruptor yang membuat indonesia semakin hancur DLL.

    Janji prabowo: jika saya menyimpang dan tidak menepati janji, rakyat boleh menuntut dan menghentikan saya dari presiden, sebagai seorang jendral Kopassus dia adalah seseorang yang cerdas, ahli ekonomi, politik dan militer.
    Facebook prabowo: www.Facebook.com/prabowosubianto
    Twitter: twitter.com/Prabowo08 jangan lupa di like all, :D

    BalasHapus
  45. Untuk smua saudara bangsa indonesia ku, jngan mudah trpancing dgn coment maloners, mngkin aja itu pancing, dng bgitu mreka tau klau kita mudah dprivokasi, bnar coment yg d atas, jadikn itu sbagai pcutan cambuk smangat untuk jdi lbih baik, maloners kn coment dsini cuma numpang eksis dan ngiri aja, krena mreka gk punya yg sperti kita,,,
    buat Boleroes11 jngan trlalu brlebihan gtu, ini blok umum, tingkat emosional tiap orng brbeda, tindakn gk akan muncul klau gk ad pmicunya, klau bisa lho bkin blog sndiri aja, atau lho kudeta admin ne blog,,,, hahaha bcanda ya,,,,
    Buat agan2 saudara ku smua, ad pepatah klau gk slah" malaysia menggonggong indonesia berlalu,,,,

    BalasHapus
  46. bro all:jangan dilayani tu oknum malay..Anjing menggonggong kapila berlalu..kan ketahuan siapa anjing sebenarnya,tu malon sebenarnya Bencong..berani berkoar menjelekan bangsa lain yg lebih bermartabat dari bangsa Malon di forum ini..

    BalasHapus
  47. betul Bro...ttp klu bisa semua diimbangkan dgn skala prioritas..

    BalasHapus
  48. boleh2 saja kita sabar tapi jangan kelewatan,sekali waktu jugaperlu kita hempas....dasar malingsia sombong

    BalasHapus