Kamis, Mei 10, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel Marinir Kasirun Situmorang mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin secara resmi membuka latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika (USMC) di Markas Batalyon Infanteri-5 Marinir, Ujung, Surabaya, Kamis, (10/5).

Latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika (USMC) dengan sandi “Marine Air Ground Task Force - Tactical Warfare Simulation” (MTWS) ini akan berlangsung hingga 16 Mei 2012.


Dalam amanatnya yang dibacakan Asops Dankormar, Komandan Korps Marinir mengatakan kegiatan ini merupakan latihan bersama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang dilaksanakan untuk menangani akibat bencana alam guna meningkatkan kerjasama militer kedua negara dengan menyelenggarakan operasi militer selain perang dalam bentuk gladi posko.


Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjutnya, wilayah Indonesia terletak diantara lempeng Asia dan Australia serta dilalui oleh cincin api (ring of fire) sehingga rawan terkena bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan meletusnya gunung berapi, kondisi ini juga diperparah dengan kerusakan ekosistem akibat ulah manusia yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor.


“Kondisi tersebut memerlukan manajemen dan koordinasi secara terintegrasi dalam pengerahan militer antar negara yang tentunya berbeda dalam sistem dan metode agar dalam pemberian bantuan dapat dilaksanakan secara cepat, tepat guna dan tepat sasaran, sehingga perlu dilaksanakan latihan bersama untuk menyamakan persepsi dan pertukaran kemampuan, pengalaman serta pemikiran bagi kedua belah pihak dengan mempraktekkan prosedur komando dan staf dalam perencanaan penanggulangan akibat bencana alam,” tambahnya.


Pada akhir amanatnya, orang nomor satu dijajaran baret ungu itu menyampaikan penghargaan kepada penyelenggara dan seluruh peserta latihan dalam melaksanakan latihan ini. Selain itu Komandan Korps Marinir mengharapkan agar peserta latihan dapat membangun rasa hormat antar sesama peserta latihan dan menjaga hubungan baik berdasar persaudaraan prajurit Marinir (marines brotherhood), disamping itu juga agar latihan ini bisa meningkatkan hubungan baik antar kedua negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika (USMC).


Turut hadir dalam kesempatan itu Paban 3 Lat Sopsal Kolonel Laut (P) Aan Kurnia, Atase Marinir Amerika untuk Indonesia Ltk Marine Avila, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Wurjanto, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir Markos, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Sarjito, Asops Pasmar-1 Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistiyanto, Asintel Pasmar-1 Letkol Marinir Widodo dan para Komandan Satlak di jajaran Pasmar-1.

Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar