Rabu, Januari 18, 2012
0
MOSKOW-(IDB) : Pesawat peringatan dini sistem kendali udara (AWACS) A-50U yang sudah dimodernisasi mulai dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia, Selasa (17/1/2012). Pesawat, yang pertama dibuat pada akhir 1970-an itu kini dilengkapi dengan komputer onboard baru dan sistem komunikasi satelit dan radar yang lebih canggih.

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS Kolonel Vladimir Drik mengatakan, pesawat tersebut sudah diserahkan kepada AU Rusia sedak Oktober 2011 untuk menjalani uji terbang. Saat ini seluruh uji terbang sudah tuntas dan pesawat itu akan mulai dioperasikan secara penuh, termasuk mengikuti seluruh latihan militer besar tahun ini.

Dengan modernisasi ini, pesawat tersebut kini mampu mendeteksi berbagai jenis sasaran udara, mulai dari helikopter, pesawat supersonik, sampai rudal jelajah. Pesawat juga mampu melacak hingga 10 pesawat tempur, baik untuk misi penyergapan udara maupun serangan udara ke darat.

Pesawat Beriev A-50 diproduksi berdasarkan pesawat penumpang Ilyushin Il-76. Pesawat itu terbang perdana tahun 1978 dan mulai dioperasikan pada 1984. Total sejumlah 40 pesawat peringatan dini ini diproduksi hingga 1992.

Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar