JAKARTA-(IDB) : Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Singapura (Republic of Singapore Navy/RSN) mengadakan bakti sosial di Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sie Beduk, Kota Batam.

Bakti sosial itu dibuka Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar), Laksamana Pertama TNI D.A. Mamahit, di kantor kelurahan setempat, Senin.

Kegiatan itu merupakan bagian dari latihan rutin bersama AL kedua negara dengan melibatkan sejumlah tenaga medis dan para medis untuk pelayanan kesehatan dan bakti sosial di kelurahan tersebut.

Bakti sosial bertema "Indonesia Singapura Bhakti Sosial" (ISBS) 2011 itu dikoordinasikan oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kolonel Laut (P) Iwan Isnurwanto yang sehari-harinya menjabat Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

"Rencananya, kegiatan dimulai tanggal 18 sampai tanggal 20 Juli 2011 dengan melibatkan tenaga medis dari TNI AL dan RSN yang bekerja sama dengan Pemkot Batam," kata Mamahit.

Ia mengatakan, kegiatan ISBS itu merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan "patroli terkoordinasi antara Indonesia dengan Singapura" (Patkor Indosin) antara angkatan laut kedua negara.

"Latihan bersama di laut dilaksanakan di perbatasan laut Indonesia-Singapura, sedangkan kegiatan di darat melalui bakti sosial," ujarnya.

Kegiatan bakti sosial meliputi pelayanan kesehatan umum dan gigi serta pemberian bantuan peralatan olah raga, buku paket untuk berapa sekolah dan sejumlah komputer serta peralatan jaket pengaman 100 buah. .

Untuk mendukung kegiatan tersebut, RSN mengikutsertakan satu kapal perangnya yaitu RSS Independence-87 dan 16 personel tenaga medis dan para medis.

Selanjutnya, mereka bergabung dengan tenaga medis dan para medis dari TNI AL dan Pemkot Batam.