Rabu, Mei 04, 2011
0
KAIRO-(IDB) : Kesepakatan persatuan Palestina yang telah lama dinanti antara Gerakan Hamas dan Fatah akhirnya ditandatangani di ibukota Mesir, Kairo. 
 
Upacara penandatanganan digelar di tengah kehadiran wakil dari 13 faksi Palestina pada hari Selasa (3/5), AFP melaporkan. Pemimpin Otorita Ramallah Mahmoud Abbas juga hadir dalam pertemuan tersebut.

"Kami telah menandatangani kesepakatan nasional dan kami akan berupaya maksimal untuk kepentingan nasional," Kata Walid al-Awad, anggota Biro Politik Partai Rakyat Palestina.

"Kami telah membahas semua permasalahan. Setiap orang telah sepakat untuk menjadikan poin-poin itu sebagai pertimbangan," ujarnya kepada televisi pemerintah Mesir.

"Rakyat Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat akan merayakan peristiwa ini. Kita sekarang harus bekerja untuk mengimplementasikan apa yang disepakati dalam perjanjian," tambahnya.

Gerakan Hamas dan Fatah mencapai kesepakatan di Kairo Rabu lalu untuk membentuk sebuah pemerintah persatuan sementara dan menggelar pemilihan presiden dan parlemen dalam setahun.

Kedua faksi berselisih sejak Hamas memenangkan pemilihan parlemen Palestina pada Januari 2006. Setelah kemenangan Hamas, Fatah mendirikan markas di Tepi Barat yang diduduki rezim Zionis Israel, sehingga membatasi pemerintahan dengan Hamas di Jalur Gaza.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar