Minggu, Oktober 12, 2014
5
JAKARTA-(IDB) : Presiden terpilih Joko Widodo dinilai telah memahami konsep pertahanan negara kuat yang harus diterapkan di negara maritim seperti Indonesia ini. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi wilayah laut dan udara Indonesia ialah dengan memiliki pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle-UAV) atau drone.

"Generasi perang mendatang dibutuhkan integrated power, beliau (Jokowi) sudah paham soal perlunya powerful defence," kata pengamat militer dan pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie, saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia: Dari Negara Kepulauan Menuju Negara Maritim di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Kamis (9/10/2014).

Connie mengaku, beberapa waktu lalu, ia sempat berbincang dengan Jokowi soal rencana pembelian pesawat drone tersebut. Kepada dirinya, Jokowi mengaku hendak membeli tiga unit drone sejenis Global Hawk, yang dibuat Amerika Serikat.

Ia menuturkan, harga satu unit drone tersebut terbilang cukup fantastis, mencapai Rp 4,3 triliun. Karena itu, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 12 triliun sampai Rp 13 triliun untuk membeli ketiga drone tersebut.

"Harga itu tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh karena bisa melindungi potensi kerugian Rp 300 triliun atas aksi pencurian ikan dan sumber daya alam yang terjadi di negara kita," kata Connie menirukan pernyataan Jokowi.



Sumber : Kompas

5 komentar:

  1. punya sendiri gak di pake, malah beli punya org laen, ditawarin sm ilmuwan kt yg di jepang itu malah ambil yg mahal, apaduitnya bisa di korupsi yah, tak taulah sm indonesia ini pejbatanya mau ky gmn nti.

    BalasHapus
  2. Endurance, jarak tempuh, sensor uav kita masih dibawah global hawk tong!
    Kalo ngomong pake otak jgn pake dengkul yee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mestinya lu yg pake otak baca dl yg bener gw blg kan ilmuwan kita yg di jepang itu, kl gak salah namanya Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, kl ngandelin beli terus dr luar mau sampe kapan, blm resiko ada udang di balik batu dlm pembelianya kepikir gak lu kesana, lagian yg lu ketik global hawk cina jg punya tiruanya sm persis lbh murah lg, knp gak kesana
      ati2 kl ngetik tanpa dasar yg jelas jgn maen tuduh.

      Hapus
  3. mungkin yg di maksud bukan wulung tong, orang bego juga tau kalo wulung cma pesawat remote control, lagian drone yg di pengen kan cuma untuk pengawasan, ngapain beli yg mahal beli aja pesawat patroli maritim 100 biji tar juga aman toh mau semahal apapun penindakan nya tetep lewat unsur laut. mending duit sgtoe buat beli radar n kapal selem, tambang dikit lg dpt cangbongo 2 biji tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksutnya yg ini Indonesian Sky Scanner Drone Garuda, terus kita bisa kembangin lg bertahap, negara luar mau hebat aja butuh proses dia org bisa knp kita nggak, utk kedepanya kita jd penjual drone bkn kita jd konsumenya, betul gak kira2

      Hapus