Minggu, November 27, 2011
0
LEBANON-(IDB) : Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) Letkol Inf Suharto Sudarsono sebagai calon pengganti Komandan Satgas Batalyon Mekanis XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf Hendy Antariksa beserta perwira Staf jajarannya, melaksanakan peninjauan ke Area Operasi yang nantinya akan menjadi area tugas dan tanggung jawabnya di sekitar wilayah Area Operasi Indobatt, di Lebanon Selatan, Sabtu pagi (26/11/2011) waktu Lebanon.
 
Menurut Letkol Inf Suharto Sudarsono, tujuan dari peninjauan ini untuk memberikan gambaran tentang daerah operasi sebenarnya bagi Komandan Satgas yang baru, sehingga akan memudahkan pejabat baru nantinya dalam meneruskan tugas operasi selanjutnya.

Peninjauan area operasi ini diawali dengan meninjau OP Observation Post (Pos Pengamatan) Mata yang merupakan wilayah Kompi Delta, pos ini berupa sebuah tenda sederhana yang menjadi tanggung jawab pengawasan Kompi Delta selama 24 jam.

Setelah meninjau OP Mata, rombongan bergerak  menuju OP-39 yang merupakan wilayah Kompi Charlie, di OP-39 ini lokasinya berdekatan dengan Pos LAF (Lebanese Armed Forces/Tentara Lebanon), komandan dan rombongan berkesempatan untuk berkomunikasi dengan prajurit yang sedang bertugas di pos tersebut.

Selanjutnya menuju OP-XC 5 yang masih merupakan wilayah tanggung jawab Kompi Charlie, kemudian rombongan bergerak menuju Pos Panorama Point, pos pengamatan ini merupakan Area Operasi Kompi Alfa, posisinya di sekitar Blue Line yang merupakan perbatasaan antara Lebanon dan Israel.

Usai meninjau Blue Line, dilanjutkan menuju OP-78 dan OP-16 yang merupakan Observation Post yang baru diterima oleh Indobatt sejak tanggal 1 Juli 2011 yang lalu dari UNIFIL, yang sebelumnya adalah Observation Post milik Nepal dan sekarang  menjadi area tanggung jawab dari Kompi Alfa.  Dari OP-16 rombongan kembali menuju Markas Indobatt 7-1  Adshit Al Qusayr.

Ikut dalam rombongan tersebut, jajaran staf Konga XXIII-F, Kasiops Kapten Inf Reza, Kasi Intel Kapten Inf Nurudin dan Pasiintel Kapten Mar Mintarjo.

Menurut rencana, pelaksanaan TOA (Transfer Of Authority) Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI UNIFIL dari Dansatgas XXIII-E kepada Dansatgas XXIII-F dilaksanakan pada tanggal 28 November 2011.

Sumber : Seruu

0 komentar:

Posting Komentar