Jumat, Januari 13, 2012
0
PYONGYANG-(IDB) : Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba tiga rudal jarak pendeknya. Rudal-rudal itu diuji tembak ke lautan antara Jepang dan semenanjung Korea.

Demikian diberitakan surat kabar Jepang, Sankei Shimbun yang mengutip sumber-sumber pemerintah Jepang seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (13/1/2012). Rudal-rudal tersebut ditembakkan ke perairan Laut Jepang pada Rabu, 11 Januari waktu setempat.

Di Seoul, Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menolak berkomentar mengenai laporan uji coba rudal Korut tersebut. Sementara Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan tengah menganalisa intelijen dan memerintahkan badan-badan pertahanan untuk waspada akan aksi-aksi provokatif dari rezim Korut.

Sebelumnya, Korut diberitakan melakukan uji coba dua rudal jarak pendeknya di wilayah lepas pantai timurnya pada 19 Desember lalu. Uji rudal tersebut dilakukan di hari yang sama pemerintah Korut mengumumkan kematian pemimpinnya, Kim Jong-il.

Negeri komunis itu telah kerap melakukan uji coba rudal jarak pendek dalam beberapa tahun terakhir. Sejak kematian Kim, beredar spekulasi bahwa putra bungsunya sekaligus penerusnya, Kim Jong-un bakal mencoba meningkatkan pamor militernya dengan melakukan uji coba rudal.

Sumber : Detik

0 komentar:

Posting Komentar