Kamis, Agustus 04, 2011
0
Komandan Fregatte Skuadron 1 (RTN) Real Admiral (RADM) Dusadee Sanghapreehca membuka secara resmi Latihan Bersama (Latma) Sea Garuda 16AB-11 di Dermaga Sattahip Naval Base-Thailand, yang dihadiri oleh Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama TNI Sulaiman Banjar Nahor
BANGKOK-(IDB) : Hadir dalam upacara itu pula para pejabat dari Kedutaan Besar RI (KBRI) di Bangkok yaitu Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Thailand Kolonel KAV Daru Cahyono, Asisten Oprasi (Asops) Pangarmabar Kolonel Laut (P) Didin Zaenal Abidin serta beberapa pejabat dari Royal Thailand Navy. Pasukan upacara terdiri dari gabungan prajurit KRI Diponegoro-365, KRI Tongkol-813 dan personel HTMS Phuttha Loetla Naphalai-462, HTMS Rattanakosin-441.

Dalam amanatnya Komandan Fregatte Skuadron 1 (RTN) mengatakan latihan  Sea Garuda 16AB - 11 adalah kegiatan latihan bersama yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali yang diselenggarakan antara TNI AL dengan Royal Thailand Navy (RTN) untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama antar kedua negara, sehingga diharapkan dapat mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Dalam latihan ini dilaksanakan serial-serial latihan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing AL kedua Negara dalam operasi laut dan kemampuan dalam penanggulangan  masalah keamanan maritim, seperti maritime terrorism dan piracy. Daerah dan tempat latihan di Sattahip Naval Base dan Perairan Teluk Thailand. TNI AL mengirimkan 2 (dua) unsur kapal perangnya guna mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Unsur KRI yang terlibat adalah kapal perang jenis Korvet Ship Integrity Geometrical Modullarity Approach (SIGMA) KRI Diponegoro-365 dan Kapal perang jenis Fast Patroll Boat (FPB) KRI Tongkol-813, sedangkan dari pihak Thailand mengerahkan 2 (dua) unsur kapal perang yaitu HTMS Phuttha Loetla Naphalai-462, HTMS Rattanakosin-441, dan 1 Helikopter.

Exercise Sea Garuda 16AB - 11 dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 24  Juli sampai dengan 31 Juli 2011. Tahapan pelaksanaan latihan (Broad Exercise Stucture) terdiri dari 3 tahapan, yaitu  tahap I (24 - 27 Juli 2011) berupa latihan di pangkalan (Harbour Phase) meliputi latihan Teori dan drill serta praktek lapangan, dilaksanakan di Sattahip Naval Base, tahap II (27 - 29 Juli 2011) merupakan tahap manuver lapangan (Sea Phase) serta diskusi taktik di Perairan Teluk Thailand dan tahap III (29 - 31 Juli 2011) merupakan tahap pengakhiran (Post Exercise Phase) dilaksanakan di Sattahip Naval Base.

Sumber: Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar