Rabu, April 27, 2011
0
YOGYAKARTA-(IDB) :  Para petinggi Kementerian Pertahanan ASEAN dan mitranya dari Amerika Serikat, China dan Jepang, menggelar pertemuan di Yogyakarta.

Pertemuan ASEAN Defence Senior Official's Meeting (ADSOM) yang digelar di Hotel Hyatt Regency, Rabu (27/4) itu dibuka Sekjen Kementerian Pertahanan RI Marsekal Madya Eris Hariyanto. Pertemuan ini untuk membahas model kerja sama pertahanan antarnegara ASEAN.


Dalam sambutannya, Eris Hariyanto mengatakan, tantangan di bidang pertahanan kini semakin sulit untuk diprediksi. Karena itu, makin diperlukan moden kerjasama pertahanan yang baik antar negara khususnya di lingkup negara-negara ASEAN.


"Dibutuhkan model kerjasama pertahanan yang baik antarnegara, khususunya dilingkup ASEAN. Diharapkan, pertemuan ADSOM ini mampu menghasilkan kerangka kerjasama yang bagus," ungkapnya ketika membuka pertemuan ADSOM.


ASEAN, lanjut Hariyanto, merupakan salah satu entitas yang eksis di Asia-Pasific. Sehingga, dituntut harus memiliki peran yang signifikan.


"Khususnya peran dalam hal pertahanan itu. Peran ASEAN ke depan akan semakin meningkat," imbuhnya.


Sebelumnya, para delegasi ASEAN telah melakukan agenda working group di Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan ADSOM ini sendiri dilakukan secara tertutup hingga 30 April mendatang.

 

0 komentar:

Posting Komentar