Kamis, Juli 21, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Pemerintah di bawah Koordinasi Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) saat ini menyiapkan anggaran sebesar Rp5 triliun untuk membenahi sejumlah wilayah perbatasan yang menjadi prioritas. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan. 

“Tahun ini kita punya anggaran sekitar Rp5 Triliun dari total sektor yang ada. Dalam hal ini kita tugasnya mengkoordinasikan itu, dan yang mengerjakan adalah kementerian teknis di bawah koordinasi BNPP,” kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, di Jakarta, Rabu (20/7).

Adapun upaya pembenahan wilayah perbatasan itu meliputi pelintas batas, untuk migrasi di perbatasan, untuk air bersih, dan pasar-pasar di perbatasan. Sedangkan sejumlah daerah perbatasan yang menjadi prioritas pembenahan antara lain, wilayah Kalimantan-Malaysia, perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT)-Timor Timur, dan Papua-Papua Nugini.

Dikatakannya, inti pembenahan wilayah perbatasan ini untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Sebab, jika warga di sekitar perbatasan sejahtera, maka upaya untuk menjaga perbatasan lebih mudah.

Sumber: HarianPelita

0 komentar:

Posting Komentar