|
Disain Light Frigate Sigma 10514
|
“Ketika user atau
pemerintah percaya, kami pasti bisa semangat pun akan membara untuk
membuktikan bahwa kami bisa memberikan terbaik untuk bangsa dan
masyarakat kita,”.
JKGR-(IDB) : Saat ini ada 5 isu strategis nasional, yaitu Ancaman
Konvensional dan Non-Konvensional, Kondisi Geografis Indonesia,
Gangguan Kemanan masih cukup besar, Permasalahan Perbatasan dan
Kemandirian Masih Terbatas. Berhubungan dengan judul artikel maka kita
akan membahas tentang “KEMANDIRIAN MASIH TERBATAS”.
Untuk mengejar kemandirian dan penguasaan teknologi, pemerintah membuat 7 program kemandirian industri pertahanan, yaitu Pembangunan
Industri Propelan Nasional, Pengembangan Kapal Selam, Pengembangan
Pesawat Tempur (IFX), Pengembangan Roket dan Rudal Nasional,
Pengembangan Kapal PKR atau Frigate Nasional, Pengembangan Radar
Nasional, dan Pengembangan Tank Nasional (medium). Kemarin sudah
dibahas masalah Pembangunan Industri Propelam Nasional, rencana jangka
menengah pembangunan kapal PKR atau Frigate Nasional.
|
Pengembangan Kapal PKR atau Frigate Nasional
|
PT. PAL Indonesia (Persero), bermula
dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINA dan didirikan oleh
pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang,
Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan,
Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah
namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April
1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi
Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris
Hadi Moentoro, SH.
Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan
kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa
perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan
spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan. Kemampuan rancang bangun yang
menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan
kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah
melayari perairan di seluruh dunia. Untuk bidang pertahanan dan
keamanan, sesuai amanat UU No. 16 tahun 2012 tentang Inhan dan merujuk
SK No.KEP/12/KKIP/XII/2013 tanggal 17 Desember 2013 atau Surat Keputusan
KKIP, PT PAL diamanahkan sebagai pemandu utama atau Lead Integrator
pembangunan alutsista matra laut.
Pada bulan Januari tahun ini, PT. PAL dan Damen Schelde Naval Shipbuilding
(DSNS) telah melakukan pemotongan baja pertama atau First Steel Cutting
Kapal PKR 105 meter pertama. Total ada 6 modul yg dikerjakan, untul
modul 1, 2, 4 dan 6 dikerjakan PT. Pal dan modul 3 dan 5 dikerjakan oleh
pihak DSNS.
MILESTONE PENCAPAIAN
- Pada Tahun 1983 dimulainya penguasaan Industri
Pertahanan dan Keamanan dengan pembuatan kapal patroli cepat (FPB) 28
pesanan Ditjen Bea Cukai dan Polisi sebanyak 38 kapal.
- Pada Tahun 1995 penyerahan modifikasi kapal perang eks Jerman kelas Parchim, kelas Frosch, dan kelas Kondor.
- Pada Tahun 1997 Penyerahan overhaul 5 tahunan pertama Kapal selam (KRI Cakra).
- Pada tahun 1999 Penyerahan overhaul 5 tahunan kapal selam kedua (KRI Nanggala)
- Tahun 2003 PT Pal melakukan modifikasi kapal patroli cepat (FPB) sebagai kapal combatan seperti FPB 57.
FPB-57 atau Fast Patrol Boat 57 m atau PB-57 (karena tidak semuanya berkecepatan tinggi) adalah sebuah rancangan kapal patroli yang dibuat oleh Lürssen, Jerman. Pada perjanjiannya PT. PAL yang awalnya hanya merakit kapal ini di Surabaya,
juga memperoleh hak untuk memproduksi rancangan kapal ini. Selanjutnya,
kapal ini sudah buatan Surabaya. Sejumlah penelitian dilakukan agar FPB
menjadi kapal combatan salah satunya penggunaan pendekatan CFD
(Computational Fluid Dynamics). Hasilnya menerapkan Bow Lifting Body
(BLB) yg dapat meningkatkan efisiensi gaya dorong kapal.
|
Model kapal bot patroli FPB-57 yang dilengkapi helipad buatan PT PAL saat akan diuji terowongan angin
|
Selain itu pada tahun 1989 FPB 57 dilakukan uji terowongan angina
untuk menguji penggunaan pendaratan helikopter. Pada tahun 2003
dilakukan penyerahan terakhir kapal FPB 57 pesanan TNI AL dari total 12
unit. Pada tahun 2002 PT PAL juga
pernah mengajukan proposal teknis Kapal Patroli Cepat Nasional 60 m
(KPCN 60) ke TNI-AL tapi begitulah TNI, hingga akhirnya terbit UU Nomer
16 tahun 2012 baru mulai mengaku ngikut mendukung produk dalam negeri.
Kasus ini sama dengan Panser Anoa, kalau gak dibantu mantan Presiden
Jusuf Kalla pasti proyek ini bakalan mangkrak lagi.
“Kita tidak bisa begini,
karena awalnya ini (industri pertahanan lokal) adalah perjuangan. Jangan
kualat,” Mantan Presiden BJ Habibie
- Penyerahan kapal Landing Platform Dock (LPD) sebanyak 2 unit
- Pembangunan Kapal Cepat Rudal(KCR) 60 m.
- Persiapaan Pembangunan PKR 105 meter
ROAD MAP PENGUASAAN TEKNOLOGI
Hingga tahun 2014 ini PT. PAL sudah berpengalaman menguasai sejumlah
teknologi pertahanan dan keamanan seperti memproduksi kapal perang jenis
Fast Patrol Boat (FPB) berbagai ukuran, KCR 60 m hingga LPD 125 m. Saat
ini untuk pengetahuan dasar pembangunan kapal PKR tim sudah berhasil
menguasai sebanyak 51 persen.
Untuk program Transfer of Technology yg
didapat sekitar 17 persen dan pengetahuan yg harus dikembangkan sendiri
sebanyak 32 persen. Kompetensi SDM sangat menentukan dalam akusisi
teknologi, oleh karena itu untuk dapat menguasai dan menciptakan desain
kapal PKR sendiri diperlukan pengembangan teknologi dengan porsi yg
besar yaitu 32 persen.
Jika kedepan kita sudah bisa menyerap ilmu dari hasil kerjasama
dengan DSNS, maka pada tahun 2017-2022 kita punya proyeksi mengembangkan
sendiri agar tidak harus membayar royalty kepada Belanda. Agar program
ini berjalan dan dapat meningkatkan kapasitas pelayanan maka PT PAL
mengalokasikan modal pada tahun 2013 sebanyak Rp. 163 milliar. Saat ini
sedang dilakukan perbaikan dan membangun bangunan baru divisi kapal
perang, ship lift dari semula 700 ton menjadi 1.500 ton, floating dock Surabaya dari 2.500 TLC menjadi 3.500 TLC, serta floating dock Pare-Pare
dari 3.000 TLC menjadi 5.000 TLC. Dan yang terbaru adalah rencana
membangun side launching kapal 150 m pada tahun 2016. Selain ToT PT PAL
juga meningkatkan kualitas SDM-nya melalui OJT (On Job training) dan
Internal Training.
LEAD INTEGRATOR
Sebagai Lead Integrator, PT PAL membuat konsep kerjasama dengan
sejumlah perusahaan pendukung dan subkontraktor sesuai dengan
kompetensinya masing-masing. Denga kerjasama ini minimum 35 persen
“local content” yang diamanahkan UU Nomer 16 Tahun 2012 tentang Inhan
bisa tercapai. PT. PAL mengklaim bahwa konsep yg diterapkannya ini akan
berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi nasional, karena pekerjaan
didistribusikan secara proposional.
Untuk konsep kerjasama dengan industri lokal adalah kontraktor utama,
desain kapal, konstruksi kapal, suplai material dan sub-system (local
content), kegiatan instalasi dan support untuk integrasi sistem
persenjataan, test dan trial. Sedangkan dengan penyedia teknologi yaitu
partner, asistensi desain atau konstruksi kapal, suplai material dan
sub-system, desain dan supali sistem persenjataan dan integrasi, test
dan trial sistem persenjataan.
Saat ini kerjasama yg sudah terlaksana dengan perusahaan-perusahaan lokal yaitu :
- PT Barata, steel casting shaft bracket & sterm tube
- PT Inka
- PT BBI, Machining Component, Air Vessel, Steel Casting and Valve
- PT Pindad,
- PT Len
- PT DI
- dan PT KS, Heavy Steel dan Steel Plate material Supply
Untuk kerjsama dengan perusahaan combat system dan electronic dalam
koridor lead integrator meliputi Combat system integrator, tacticos,
comms Assistance and assistance during building STW – HAT -SAT.
Sedangkan E-Manufacture adalah E-installation bridge and platform
automation, E-System Integrator, and assistance during building STW –
HAT -SAT.
Berikut Spesifikasi Kapal Perang Perusak Kawal Rudal (Guided Missile Escort) “Frigate” No-1
GENERAL
Customer : Indonesian Navy (TNI-AL).
Primary functions : Anti Air Warfare, Anti Surface Warfare, Anti Submarine Warfare
Secondary : Maritime Security & Safety, Disaster Relief/Humanitarian Aid.
Hull material : Steel grade A/AH36.
Standards : Naval /Commercial, naval intact / damaged stability, noise reduced, moderate shock.
Classification : Lloyd’s Register of Shipping (supervision) 100 A1 SSC Mono Patrol, G6, LMC UMS.
DIMENSIONS
Length o.a. : 105.11 m
Beam mld : 14.02 m
Depth no.1 deck : 8.75 m
Draught (dwl) : 3.70 m
Displacement (dwl) : 2365 tons
PERFORMANCE
Speed (Maximum power) : 28 knots
Speed on E-propulsion : 15 knots
Range at 14 knots : > 5000 NM
Endurance : > 20 days at sea
PROPULSION SYSTEM
Propulsion type : combined diesel or electric (CODOE)
Diesel engine : 2 x 10000 kW MCR diesel propulsion
Electric motors : 2 x 1300 kW MCR electric propulsion
Gearbox : 2 x double input input/single output
Propellers : 2 x CPP diameter 3.65 m
lntegrated platform management system
AUXILIARY SYSTEMS
Generator sets : 6 x 735 kWE (CAT C-32A)
Emergency gen. set : 1 x180kWE
Chilled water : 2 x units, redundant distrubution
Fire fighting : 4 x main pumps +Ix service pump
Freshwater making capacity : 2 x 14 m3/day (RO) + 2 x 7.5 m3/day (evaporators)
DECK EQUIPMENT
Helicopter deck : max. 10 tons helicopter
Heli operations : day/night with refuelling system
Helicopter hangar : suitable for approx 6 tons helicopter
RAS : on helicopter deck PS & SB, astern fuelling
Boats : 2 x RHlB
ACCOMMODATION
Fully air-conditioned accommodation for 122 persons
Commanding Officer 1
VIP cabin (Flag officer standard) 1
Officers 26
Chief Petty Officers 10
Petty Officers 28
Petty officer (female) 8
Junior Ratings 29
Trainee Officers 18
Canal Pilot cabin. 1
Provisions for NBC citadel/decontamination
WEAPON & SENSOR SUITE
3D-Surveillance & target indication radar & IFF
Radar / electro optical fire control
Hull Mounted Sonar
Combat management system
Medium calibre gun 76 mm
1 x Close In Weapon System
2 x 4 SSM launchers
12 cell SAM launcher
2 x triple Torpedo launching system
ESM & ECM
2 x Decoy launchers
lntegrated internal & external communication system
NAUTICAL EQUIPMENT
lnteqrated bridqe console, 2 x naviqation radar, ECDIS, GMDSS-A3 rencence gyro
Untuk masalah kemandirian jujur saya sudah lama pengen keluarin
unek-unek dari pribadi saya. Ok, saya sering bertemu dan ngobrol dengan
sejumlah prajurit (minus para perwira tinggi) dan mereka sangat
mengapresiasi produk dalam negeri.
Saking peduli, kadang mereka mencari
masalah-masalah alutsista contohnya SS-1 dan menyampaikan masalah itu
kepada para engineer atau membuat karya-karya lainnya agar negara kita
bisa maju dalam hal industri teknologi alutsista. Sayangnya respon itu
sering tumpul karena jujur ini pengalaman pribadi, kebanyakan para
pejabat militer lebih mencintai produk luar berbeda jauh dengan prajurit
mereka.
Kenapa?? maaf saya rasa teman-teman sudah tahu jawabannya, saya
meski bukan orang militer tapi saya tidak “BUTA” melihat perkembangan
militer kita. Sampai sekarang saya masih tidak percaya dengan beberapa
pejabat kita, meski sudah ada UU Nomer 16 Tahun 2012 tentang Inhan yg
memaksa user agar menggunakan produk dalam negeri, sudah banyak kasus yg
saya dengar maupun alami. Maaf kalau ada yg merasa, semua ini adalah
kritik dan saran pribadi yg terlalu cinta dengan negeri kita yg bernama INDONESIA ini.